Branding “Keripik Singkong†Untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6540Keywords:
branding, keripik singkong, ekonomi kreatif.Abstract
Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Desa Dadapan menjadikan semakin meningkat peluang perekonomian yang dimilikinya dan menjadikan deesa mandiri sejahtera berbasis ekonomi kreatif. Salah satunya dengan membuat industri kecil dalam rumah tangga untuk mengolah hasil pertanian yang dimilikinya dan memberikan kemasan yang menarik sehingga menarik perhatian konsumen dan berhasil memasarkan produk dengan lebih baik. Dengan jumlah penghasilan yang lebih baik setiap waktunya, menjadikan kami mahasiswa dari Kelompok 2 KKN-PPM Tematik Desa Dadapan ingin mengembangkan produk olahan tersebut menjadi produk yang digemari oleh seluruh penjuru dan tidak hanya di wilayah Desa Dadapan saja. Dengan memberikan dorongan kepada pemilik usaha untuk mengembangkan brand dan kemasan sehingga menjadi lebih menarik perhatian konsumen. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, penulis menggunakan metode penggalian informasi dan metode analisis data deskriptif dengan observasi dan wawancara. Dengan menggunakan brand dan kemasan baru menghasilkan produk keripik singkong Bu Rinda semakin banyak dikenal dan lebih memiliki banyak konsumen. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi Bu Rinda dan semakin banyak tenaga usaha yang dibutuhkan karena semakin banyaknya produk yang diproduksi. Harapannya branding dapat dijalankan secara berkelanjutan. Sehingga Desa Dadapan dapat menjadi Desa Sejahtera dan mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Ubi Singkong.References
Anam, A. K., Arifin, M., Widiastuti, A., & Arifin, Z. (2020). Peningkatan daya saing ukm rotan indah jepara menuju pasar sasaran ekspor. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 33–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4777
Fathani, A. H. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS ENTREPRENEUR MELALUI PEMANFAATAN BUAH SALAK Abdul Halim Fathani, 1(1), 55–58.
Fatria, M. A., Jahrizal, & Pailis, E. A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Usaha Jamur Crispy Industri Pengolahan Jamur Tiram). Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Ekonomi, 4(1), 9–15. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/12291
Hatneny, A. I., Mahardani, A. S., & Saraswati, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pada UKM Depo Air Minum Tirta Barokah Dan Bakso Tuna Cintaku. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1604
Joesyiana, K. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta, 3(1), 159–172. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1275
Satria, D. (2009). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal Dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.21776/ub.jiae.2009.003.01.5
Sholihah, F. A., Normaladewi, A., & Laksono, P. T. (2019). Pengolahan Plastik Bekas Menjadi Bantal Hias Di Desa Ngempit Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1640
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.