Branding “Keripik Singkong” Untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif

Authors

  • Ika Anggraheni Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ela Yuniar Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Mohamad Saleh Tuanany Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Yusuf Ahsani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Karina Safitri Rachmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Ibnul Qayyim Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Antoni Bagus Pradana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Anggi Ayu Dwi Narwani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Achmad Rafly Firdauzie Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Rizma Noer Hidayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Riska Dwi Pratiwi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Laela Octaviana Yusuf Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6540

Keywords:

branding, keripik singkong, ekonomi kreatif.

Abstract

Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Desa Dadapan menjadikan semakin meningkat peluang perekonomian yang dimilikinya dan menjadikan deesa mandiri sejahtera berbasis ekonomi kreatif. Salah satunya dengan membuat industri kecil dalam rumah tangga untuk mengolah hasil pertanian yang dimilikinya dan memberikan kemasan yang menarik sehingga menarik perhatian konsumen dan berhasil memasarkan produk dengan lebih baik. Dengan jumlah penghasilan yang lebih baik setiap waktunya, menjadikan kami mahasiswa dari Kelompok 2 KKN-PPM Tematik Desa Dadapan ingin mengembangkan produk olahan tersebut menjadi produk yang digemari oleh seluruh penjuru dan tidak hanya di wilayah Desa Dadapan saja. Dengan memberikan dorongan kepada pemilik usaha untuk mengembangkan brand dan kemasan sehingga menjadi lebih menarik perhatian konsumen. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, penulis menggunakan metode penggalian informasi dan metode analisis data deskriptif dengan observasi dan wawancara. Dengan menggunakan brand dan kemasan baru menghasilkan produk keripik singkong Bu Rinda semakin banyak dikenal dan lebih memiliki banyak konsumen. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi Bu Rinda dan semakin banyak tenaga usaha yang dibutuhkan karena semakin banyaknya produk yang diproduksi. Harapannya branding dapat dijalankan secara berkelanjutan. Sehingga Desa Dadapan dapat menjadi Desa Sejahtera dan mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Ubi Singkong.

References

Anam, A. K., Arifin, M., Widiastuti, A., & Arifin, Z. (2020). Peningkatan daya saing ukm rotan indah jepara menuju pasar sasaran ekspor. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 33–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4777

Fathani, A. H. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS ENTREPRENEUR MELALUI PEMANFAATAN BUAH SALAK Abdul Halim Fathani, 1(1), 55–58.

Fatria, M. A., Jahrizal, & Pailis, E. A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Usaha Jamur Crispy Industri Pengolahan Jamur Tiram). Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Ekonomi, 4(1), 9–15. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/12291

Hatneny, A. I., Mahardani, A. S., & Saraswati, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pada UKM Depo Air Minum Tirta Barokah Dan Bakso Tuna Cintaku. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1604

Joesyiana, K. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta, 3(1), 159–172. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1275

Satria, D. (2009). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal Dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.21776/ub.jiae.2009.003.01.5

Sholihah, F. A., Normaladewi, A., & Laksono, P. T. (2019). Pengolahan Plastik Bekas Menjadi Bantal Hias Di Desa Ngempit Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1640

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Anggraheni, I., Yuniar, E., Tuanany, M. S., Yusuf Ahsani, M., Rachmawati, K. S., Ibnul Qayyim, M., Pradana, A. B., Dwi Narwani, A. A., Firdauzie, A. R., Hidayati, R. N., Pratiwi, R. D., & Yusuf, L. O. (2020). Branding “Keripik Singkong” Untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 218–221. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6540