Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548Keywords:
pelatihan sholat, jumat sedekah, desa mulyoasriAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh generasi muda khususnya di desa Mulyoasri Kecamatan Amplegading-Kabupaten Malang adalah ketidakseimbangan antara hamblum minannas dan hablum minallah. Untuk mengatasinya, maka mahasiswa KKN-PPM Tematik berbasis Masjid yang tergabung dalam kelompok 24 Universitas Islam Malang merancang dan mengimplementasikan program kerja yang didasarkan pada hasil survei dengan metode purposive sampling. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema “Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjidâ€, diharapkan dapat menjadi stimulan  bagi generasi muda khsusnya dan masyarakat Desa Mulyoasri pada umumnya untuk membentuk karkter Islami berlandaskan Ahlu Sunnah Waljam’ah. Penanaman karakter Islami bagi generasi muda merupakan faktor yang penting untuk mewujudkan insan kamil yang dapat menyeimbangkan hablum minannas (hubungan antar sesama manusia) dan hablum minallah (hubungan antar manusai dengan sang pencipta Allah SWT). Untuk dapat mewujudkan kedua hal ini maka diperlukan penanaman nilai-nilai Islam sejak dini, dan peningkatan iman dan ketakwaan melalui pelaksaanaan ibadah sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an, jumat sedekah  dan menjalankan amalan-amalan Islam Ahlusunnah Wal’jamaah yang telah menjadi tradisi masyarakat Nahliyin. Outcome yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya masyarakat yang berwatak Islam Aswaja untuk menggapi insan kamilReferences
Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir, K. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Baiti, R., & Razzaq, A. (2017). Esensi Wahyu Dan Ilmu Pengetahuan. Wardah, 18(2), 163–180. https://doi.org/10.19109/wardah.v18i2.1776
Hamrin, N. K. B. (2018). Ikhlas Dalam Beramal Menurut Mufassir. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301
Latuconsina, H. (2019a). Kebangkitan dan Pergerakan NU. Times Indonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/227162/kebangkitan-dan-pergerakan-nu
Latuconsina, H. (2019b). Membentengi Perguruan Tinggi dari Radikalisme. Kompas. https://kompas.id/baca/opini/2019/06/22/membentengi-perguruan-tinggi-dari-radikalisme/
Martino, Y. A., Sulistiowati, E., & Purnomo, Y. (2018). Model Pemberdayaan Santri Ponpes Al-Hidayah Batu Alang Sebagai Kader Kesehatan Berbasis Terapi Herbal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(2), 86–93. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i2.1514
Morrisan. (2012). Metode Penelitian Survey. Kencana.
Nizar, M. (2011). Metode Penelitian.
Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 18–35. https://doi.org/10.35905/alishlah.v14i1.384
Rasikh, A. (2019). PEMBELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH : Studi Multisitus pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 14–28.
Rusdi, A., Wicaksono, K. A., Ardiyantara, N., Saputro, T. A., Peduk, A., & Ramadhani, K. (2018). Sedekah Sebagai Prediktor Kebahagiaan. Jurnal Psikologi Islam2, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_1544
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan al-Quran: Tafsir maudhu’i atas pelbagai persoalan umat (Cet. 1 edi). Mizan.
Siregar, L. Y. S. (2016). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 16–32. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2033
Ulfa, R. A., & Arifi, A. (2017). Aktualisasi Pendidikan Al- Habit-Forming pada Anak Usia Dini di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 65–81. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1406
Yurwanto, Y. (2014). Memaknai Pesan Spiritual Ajaran Agama Dalam Membangun Karakter Kesalehan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 13(1), 41–46. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.1.5