Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid

Authors

  • Husain Latuconsina Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang
  • Nova Septi Nazilatul Ula Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Saraskia Mei Choirunnisa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Fanny Maulida Kurniawati Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Rosi Nuresa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Syaifudin Zuhri Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Shinta Indriani Umbu Nay Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Syamsul Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Rasul Hamidi Rumkel Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Amirudin Masykuri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Muzayid Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548

Keywords:

pelatihan sholat, jumat sedekah, desa mulyoasri

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh generasi muda khususnya di desa Mulyoasri Kecamatan Amplegading-Kabupaten Malang adalah ketidakseimbangan antara hamblum minannas dan hablum minallah. Untuk mengatasinya, maka mahasiswa KKN-PPM Tematik  berbasis Masjid yang tergabung dalam kelompok 24 Universitas Islam Malang merancang dan mengimplementasikan program kerja yang didasarkan pada hasil survei dengan metode purposive sampling. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema “Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjidâ€, diharapkan dapat menjadi stimulan  bagi generasi muda khsusnya dan masyarakat Desa Mulyoasri pada umumnya untuk membentuk karkter Islami berlandaskan Ahlu Sunnah Waljam’ah. Penanaman karakter Islami bagi generasi muda merupakan faktor yang penting untuk mewujudkan insan kamil  yang dapat menyeimbangkan hablum minannas (hubungan antar sesama manusia) dan hablum minallah (hubungan antar manusai dengan sang pencipta Allah SWT). Untuk dapat mewujudkan kedua hal ini maka diperlukan penanaman nilai-nilai Islam sejak dini, dan peningkatan iman dan ketakwaan melalui pelaksaanaan ibadah sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an, jumat sedekah  dan menjalankan amalan-amalan Islam Ahlusunnah Wal’jamaah yang telah menjadi tradisi masyarakat Nahliyin. Outcome yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya masyarakat yang berwatak Islam Aswaja untuk menggapi insan kamil

References

Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir, K. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Baiti, R., & Razzaq, A. (2017). Esensi Wahyu Dan Ilmu Pengetahuan. Wardah, 18(2), 163–180. https://doi.org/10.19109/wardah.v18i2.1776

Hamrin, N. K. B. (2018). Ikhlas Dalam Beramal Menurut Mufassir. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301

Latuconsina, H. (2019a). Kebangkitan dan Pergerakan NU. Times Indonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/227162/kebangkitan-dan-pergerakan-nu

Latuconsina, H. (2019b). Membentengi Perguruan Tinggi dari Radikalisme. Kompas. https://kompas.id/baca/opini/2019/06/22/membentengi-perguruan-tinggi-dari-radikalisme/

Martino, Y. A., Sulistiowati, E., & Purnomo, Y. (2018). Model Pemberdayaan Santri Ponpes Al-Hidayah Batu Alang Sebagai Kader Kesehatan Berbasis Terapi Herbal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(2), 86–93. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i2.1514

Morrisan. (2012). Metode Penelitian Survey. Kencana.

Nizar, M. (2011). Metode Penelitian.

Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 18–35. https://doi.org/10.35905/alishlah.v14i1.384

Rasikh, A. (2019). PEMBELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH : Studi Multisitus pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 14–28.

Rusdi, A., Wicaksono, K. A., Ardiyantara, N., Saputro, T. A., Peduk, A., & Ramadhani, K. (2018). Sedekah Sebagai Prediktor Kebahagiaan. Jurnal Psikologi Islam2, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_1544

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan al-Quran: Tafsir maudhu’i atas pelbagai persoalan umat (Cet. 1 edi). Mizan.

Siregar, L. Y. S. (2016). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 16–32. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2033

Ulfa, R. A., & Arifi, A. (2017). Aktualisasi Pendidikan Al- Habit-Forming pada Anak Usia Dini di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 65–81. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1406

Yurwanto, Y. (2014). Memaknai Pesan Spiritual Ajaran Agama Dalam Membangun Karakter Kesalehan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 13(1), 41–46. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.1.5

Downloads

Published

2020-05-20

How to Cite

Latuconsina, H., Nazilatul Ula, N. S., Choirunnisa, S. M., Kurniawati, F. M., Nuresa, R., Zuhri, A. S., Umbu Nay, S. I., Arifin, S., Rumkel, R. H., Masykuri, A. A., & Muzayid, A. (2020). Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 59–72. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548