Pemberdayaan Santri Melalui Pembelajaran Enjoyable Learning dalam Membentuk Generasi Seimbang dan Spiritualitas Intelektualitas di Pondok Pesantren

Authors

  • Nur Hasan Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Gali Setyowidodo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Syahrul Wafa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Muchammad Irfan Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Subhan Riadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Khirzah Annafisah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • M Ilham Rio Alfanny Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Irma Aprilia Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Tuba Gus Faizin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang
  • Novidatur Rizkiyah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Nailu Minhajjil Qowim Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6582

Keywords:

enjoyable learning, spiritualitas, intelektualitas

Abstract

Era revolusi 4.0 menjadi era yang digadang-gadangkan menjadi era keberhasilan pada sejarah manusia. Era tersebut menuntut manusia harus mampu bersikap seimbang dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan, kemampuan santri dalam spiritualitas dan inteklektualitas merupakan suatu keharusan yang wajib miliki oleh santri milenial, apabila keduanya seimbang maka santri tidak akan teromabang ambing oleh perubahan zaman yang begitu cepat. Pembelajaran Enjoyable learning merupakan langkah awal untuk merubah mindset santri dalam memahami agama dari mindset tradisional menjadi mindset intelektual religius yang mampu menghadapi segala kemungkinan perubahan zaman. Dalam pengabdian masyarakat ini pengabdi menggunakan metode  Parti­cipatory Action and Learning System (PALS). Metode ini merupakan salah satu metode pemberdayaan sasaran yang merupakan ba­gian dari PLA (Participatory Learning and Action). Dengan metode ini, maka masyarakat sasaran (pesantren) diperlakukan sebagai subjek sekaligus objek dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, Sasaran pengabdian ini adalah pondok pesantren Miftahul Ulum Annur yang berada di Desa Majangtengah Kecamatan dampit Kabupaten Malang. Hasilnya adalah mengadakan  sarasehan pada santriwan dan santriwati tentang model pembelajaran yang menyenangkan (Enjoyable Learning)  oleh pemateri secara khusus dengan menyajikan materi-materi yang mengandung unsur motivasi agar santri siap menghadapi era revolusi 4.0 yang mengharuskan terpondasikan jiwa spiritual yang kuat dan seimbang dengan in telektual yang sangat mumpuni.

References

Alfi, I. (2020). Strategi Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Era Generasi 4.0. MATAN: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2244

Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal ISEMA, 2(2), 40–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Idrus, M. A. J. al. (2016). Menakar Peran Pesantren Dalam Mengembangkan Pendidikan Tinggi Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Tatsqif (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan), 12(2), 238–257. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.31

Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 67. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337

Kurniasih, Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571

Setyawan, C. E. (2016). Menggagas Model Pengembangan Standarisasi Sistem Pendidikan Pesantren. At Ta’Dib, 11(2), 227–240. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.777

Sidiq, U. (2013). Pengembangan Standarisasi Pondok Pesantren. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam (Islamic Education Journal), 7(1), 71–88. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.1.544

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402

Downloads

Published

2020-05-20

How to Cite

Hasan, N., Setyowidodo, G., Wafa, M. S., Irfan, M., Riadi, S., Annafisah, K., Alfanny, M. I. R., Aprilia, I., Faizin, T. G., Rizkiyah, N., & Qowim, A. N. M. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pembelajaran Enjoyable Learning dalam Membentuk Generasi Seimbang dan Spiritualitas Intelektualitas di Pondok Pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 148–152. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6582