Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Authors

  • Eko Suhartoyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Sitti Ainun Wailissa Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Saika Jalarwati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Samsia Samsia Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Surya Wati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Nur Qomariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Elly Dayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Imas Maulani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Imam Mukhlish Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Holqi Rizki Azhari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Hidayatulloh Muhammad Isa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Ilham Maulana Amin Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Keywords:

pembelajaran kontekstual, merdeka belajar

Abstract

Gagasan merdeka belajar yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa salah satunya adalah pembelajaran itu harus menyenangkan, tidak membuat peserta didik merasa tertekan, peserta didik bebas memilih arah kreatifitas mereka sendiri. Adapun peran seorang guru tidak lagi menjadi satu satunya sumber belajar, sebaliknya seorang guru yang dapat membantu peserta didik menemukan bakat mereka sendiri. Desa Sukorejo masih banyak memiliki lingkungan yang pure belum banyak diubah oleh teknologi, kemerdekaan belajar dapat diwujudkan melalui pembeljaran kontekstual learning dengan cara guru menggunakan pendekatan humanis. Peserta didik di berikan materi yang hubungannya dekat dengan lingkungan mereka. Kemerdekaan belajar memang seharusnya diterapka dilingkungan belajar peserta didik, karena hal ini sangat menentukan output sekolah, terlebih jika peserta didik dipandang sebagai insan kamil, bukan sebauh robot yang harus memenuhi perintah tuannya sama persis 100%.

References

Hasan, N., Setyowidodo, G., Wafa, M. S., Irfan, M., Riadi, S., Annafisah, K., Alfanny, M. I. R., Aprilia, I., Faizin, T. G., Rizkiyah, N., & Qowim, A. N. M. (2020). Pemberdayaan santri melalui pembelajaran enjoyable learning dalam membentuk generasi seimbang dan spiritualitas intelektualitas di pondok pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 148–152. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6582

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Learning) Teaching and Learning). II(01), 1–12.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150–167. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416

Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantukan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA/Sederajat Di Kabupaten Bintan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2697

Kurniasih, Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161–169. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571

Maryam, I. S., Djahir, Y., & Fitriyanti. (2014). Pencarian Penilaian Terhadap Hasil Belajar Peserta. Jurnal Profit, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.36706/jp.v1i1.5511

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Pratama, E. (2020). Merdeka Belajar dan ruu sisdiknas. 1–2.

Toyiba, Fitriyani, N. (2016). Pengaruh Strategi pembelajaran Aktif Terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 929–930.

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402

Wahyuningsih, D., Harlita, & Joko Ariyanto. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Pendidikan Biologi, 3(2), 1–8. https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5470

Widyaningsih, S., & Rosidi, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Plantae. Jurnal Pena Sains, 2(2)

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588