Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6601Keywords:
mural, pendidikan, karakter, wisataAbstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendidikan karakter di sekolah adalah dengan seni mural. Selain dapat dijadikan sebagai media belajar, mural juga memperindah tampilan kawasan di daerah desa Jogomulyan untuk meningkatkan potensi lingkungan pariwisata. Metode yang dilakukan pada pendampingan dan pelatihan pembuatan mural ini adalah dengan metode ceramah, praktik dengan bimbingan, serta evaluasiTahap-tahap yang lakukan adalah memberi materi pendahuluan, tahap persiapan pembuatan mural, tahap melukis dan tahap finishing. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, peserta antusias mengikuti kegiatan dan memberi respon yang positif. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembuatan mural ini memberi keterampilan baru bagi masyarakat sekaligus menjadi media belajar untuk siswa mengembangkan pengetahuan pendidikan karakterReferences
Diptoadi, V. L. (1999). Reformasi Pendidikan di Indonesia Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 161–175. https://doi.org/10.17977/jip.v6i3.2333
Hermuttaqien, B. P. F., Sata, H. R., & Wadu, L. B. (2019). Jurnal Inspirasi Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 39–44. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/3011
Kurniasih, Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14
Muthoharoh. (2017). PROBLEM DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan dan MIN Sumurrejo, Gunungpati) [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. http://eprints.walisongo.ac.id/8407/1/1500118034_Tesis.pdf
Nawawi, N. (2006). Reformasi Pendidikan sebagai Tuntutan Sejarah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(2), 187–200. https://doi.org/10.24090/insania.v11i2.169
Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://doi.org/10.31332/atdb.v9i1.505
Sapentri, E. (2017). Male Gaze dan Pengaruhnya Terhadap Representasi Perempuan dalam Lukisan “Realis Surealis†Karya Zaenal Arifin. Journal of Urban Society’s Arts, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.24821/jousa.v4i1.1692
Thamrin, N. H., & Noviana, M. (2020). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 91–99. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3386
U.S, S. (2012). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92