Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Muhammad Sulistiono Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Afifatu Nur Arifah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Musyadad Al Arifi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Angga Chidlomul Adzim Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Devi Alifna Anggraeni Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Dewy Nur Fitriana Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ella Amalia Hadi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ervina Rahma Dwi Andriyani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ilham Ali Yafie Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Lintang Dewi Kusumaningrum Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Luluk Azizah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.8664

Keywords:

pendidikan, karakter, kearifan lokal

Abstract

Desa Ketawang Kecamatan Gondanglegi merupakan sebuah desa yang terletak di salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang. Desa ini secara geografis berada di Kabupaten Malang bagian selatan, yang mana untuk bagian selatan berbatasan dengan Desa Putat Lor, bagian utara berbatasan dengan Desa Putukrejo, bagian barat berbatasan dengan Desa Ganjar dan bagian timur berbatasan dengan Desa Urek-urek. Karena Desa ini terletak di bagian Malang Selatan yakni termasuk salah satu akses atau jalan utama menuju pantai selatan sehingga biasanya terjadi kepadatan lalu lintas ketika hari libur. Universitas sebagai penyelanggara Tri-Dharma Perguruan Tinggi khususnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersinergi dalam membangun daerah. Dengan adanya program KKN-PPM ini maka secara signifikan akan mendorong masyarakat melalui pendidikan. Dengan metode partisipatif yang mana sasaran dari Pelaksanaan KKN-PPM adalah masyarakat Desa Ketawang. Dalam melaksanakan kegiatan KKN PPM, peserta KKN PPM 2020 berpartisipasi dalam bidang pendidikan karakter, kebudayaan berbasis kearifan lokal dan administrasi desa. Dimana dalam bidang pendidikan peserta terjun ke sekolah setempat, kegiatan pendidikan lain serta dengan diadakannya lomba anak, guna mewadahi potensi aanka serta mengembangkan kretivitas anak. Termasuk dalam bidang administrasi desa peserta berperan aktif dalam kegiatan kantor desa, serta kegiatan masyarakat sekitar.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13(1), 25–38.

Arifin, Z., & Tamrin, T. (2019). Peningkatan Kompetensi Microcontroller Siswa SMK. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 49–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1772

Hakim, A. R. (2015). Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 259–267. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/97

Hasan, N., Setyowidodo, G., Wafa, M. S., Irfan, M., Riadi, S., Annafisah, K., Alfanny, M. I. R., Aprilia, I., Faizin, T. G., Rizkiyah, N., & Qowim, A. N. M. (2020). Pemberdayaan santri melalui pembelajaran enjoyable learning dalam membentuk generasi seimbang dan spiritualitas intelektualitas di pondok pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 148–152. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6582

Khoiri, A. (2019). Upaya Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di SMA PAB 4 Sampali Deli Serdang. Jurnal Ansiru PAI, 3(1), 73–86. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Kurniasih, Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161–169. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571

Lustia, L., Noer, F., & Devi, R. (2016). Trend Pemakaian Hijab Ibu-ibu di Pusat Perbelanjaan Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 1.1, 1(1), 93–101.

Martino, Y. A., Sulistiowati, E., & Purnomo, Y. (2018). Model Pemberdayaan Santri Ponpes Al-Hidayah Batu Alang Sebagai Kader Kesehatan Berbasis Terapi Herbal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(2), 86–93. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i2.1514

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M. (2014). Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (1st ed.). Alfabeta.

Syah, A. (2008). Term Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Pendidikan Islam: Tinjauan dari Aspek Semantik. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1), 138–150. https://doi.org/10.24014/af.v7i1.3786

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sulistiono, M., Arifah, A. N., Al Arifi, A. M., Adzim, A. C., Anggraeni, D. A., Fitriana, D. N., Hadi, E. A., Dwi Andriyani, E. R., Yafie, I. A., Kusumaningrum, L. D., & Azizah, L. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 165–172. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.8664