Sosialisasi Digital Marketing Dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dewi Diah Fakhriyyah Universitas Islam Malang
  • Yuni Wulandari FEB Unisma
  • cindy karisma FEB Unisma

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8691

Keywords:

gula merah, pandemi covid-19, digital marketing

Abstract

Berbagai permasalahan terkait menurunnya ekonomi UKM pada masa pandemi covid-19 saat ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi para pelaku UKM. Salah satu UKM yang terkena imbas pandemi adalah UKM pembuat gula merah di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi yang mengalami penurunan pendapatan. Puluhan atau ratusan masyarakat mendapatkan penghasilan dari memproduksi gula merah tersebut dan lalu menjualnya kepada pengepul. Untuk menstabilkan penjualan dan penghasilan masyarakat, kami membantu dengan memberikan sosialisasi edukasi yang melibatkan media digital. Pada tahap pertama kami melakukan sosialisasi pentingnya berbisnis pada masa pandemi Covid-19, ditujukan karena UKM masyarakat yang terdampak harus tetap berjalan dan stabil seperti sebelum adanya pandemi. Pada tahapan kedua, kami mengenalkan digital marketing kepada masyarakat agar digunakan sebagai media untuk memasarkan gula merah ke pasar yang lebih luas tanpa melalui pengepul.  Diharapkan dengan sosialisasi ini masyarakat bisa bertransformasi ke digital bisnis untuk mendapatkan potensi penghasilan yang lebih banyak. Pada tahapan terakhir kami menjelaskan tentang pentingnya melakukan inovasi produk. Kami menjelaskan tentang pentingnya inovasi produk agar terdapat diversifikasi produk yang dapat menarik minat konsumen sehingga bisa bertahan ditengah persaingan di dalam digital bisnis. Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat membuat pelaku UKM gula merah meningkatkan pendapatannya dan bertahan di tengah pandemi.

Author Biography

Dewi Diah Fakhriyyah, Universitas Islam Malang

FEB

References

Amindoni, A. (2020, March 30). Virus corona: Pendapatan usaha kecil “pupus†akibat covid 19, pemerintah siapkan bantuan sosial untuk pekerja harian. BBC News Indonesia. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52059235

Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Repositori Universitas Airlangga. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74542

Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/view/263

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2020). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Downloads

Published

2021-01-23

How to Cite

Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & karisma, cindy. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8691