Pondok Daring Pada Era Covid-19 di Dusun Banjar Tengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Authors

  • Ita Suhermin Ingsih Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Dita Wahyu Anggraini Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Asrini Safi Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Nirza Asyani Kabalmay Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Hanif Ubaidillah Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Marwan Hanan Attamimi Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Mohammad Ilyas Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Mahmad Alfian Ni’am Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Syahrul Iqbal Kobarubun Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Umar Al Faruq Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8767

Keywords:

daring, pendidikan, dusun banjar tengah

Abstract

Pembelajaran daring merupakan metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Bentuk pembelajaran seperti ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa terikat waktu dan tanpa harus bertatap muka. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan tugas serta membeli kuota internet selama pendemi di Dusun Banjar Tengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Menyediakan Wi-Fi disalah satu tempat di Dusun dan memberikan pendampingan terhadap siswa dengan menerapkan sosial distancing dan protokol kesehatan. Masyarakat sekitar sangat mendukung kegiatan pondok daring, hal ini ditandakan dengan rasa antusias yang tinggi dari masyarakat setempat dan siswa siswi di Dusun Banjar Tengah.

References

Aprilia, M., Suparman, Eliana, E., Khairunnissa, & Sugiarti. (2020). Pelatihan Musikalisasi Gurindam sebagai Upaya Pendidikan Karakter bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 111–119. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.4754

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616

Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies : a guide for designing and developing e-learning courses. United Nations: ome : Food and Agriculture Organization.

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161–169. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571

Nichols, M., & McLachlan, C. (2006). E-learning and early childhood teacher education: what does the future hold? He Kupu (the Word), 1(1), 17–28. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/e-learning-and-early-childhood-teacher-education-what-does-future-hold

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, pp. 1–5). Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204/136

Downloads

Published

2021-01-23

How to Cite

Ingsih, I. S., Anggraini, D. W., Safi, A., Kabalmay, N. A., Ubaidillah, H., Attamimi, M. H., Ilyas, M., Ni’am, M. A., Kobarubun, S. I., & Al Faruq, U. (2021). Pondok Daring Pada Era Covid-19 di Dusun Banjar Tengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 344–349. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8767