Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa New Normal Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif Usaha dengan Memanfaatkan Media Online

Authors

  • Erfan Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Suci Rachmadan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Danang Guntoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Deby Septiani Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Ach. Marzuki Fadli Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Arumdhani Al’ Azhmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Dita Dieni Khoirunisa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Iska Sintia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Nurul Hikmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Septa Yulianah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Yusnita Putri Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8776

Keywords:

new normal, ekonomi kreatif, media online

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pemberdayaan masyarakat ini adalah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Plosorejo, Desa Jatimarto, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri di masa new normal. Perekonomian masyarakat tersebut menurun saat adanya pandemic covid 19. Permasalahan tersebut terjadi karena perusahaan tempat awal masyarakat bekerja melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut. Program yang diterapkan adalah membangun kegiatan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan media online. Metode yang digunakan dalam program ini adalah metode partisipatif.  Masyarakat yang menjadi target adalah salah satu warga Dusun Plosorejo yaitu Indra Wahyu Nugroho. Mayarakat tersebut memiliki masalah penurunan ekonomi karena telah mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari salah satu pabrik. Kegiatan ekonomi kreatif yang diterapkan terhadap target adalah membuat usaha penjualan layang-layang dan kemudian dipasarkan melalui media online. Masyarakat Dusun Plosorejo termasuk Indra Wahyu Nugroho diberikan pemahaman terkait kegiatan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan media online. Hasil dari program ini adalah Indra Wahyu Nugroho memperoleh penghasilan yang bisa digunakan untuk menunjang kembali perekonomiannya serta dapat menerapkan media online sebagai alat komunikasi yang efektif dan efisien dalam aktivitas bisnis.

References

Fahri, Jalil, A., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatknya angka pengangguran ditengah pandemi (COVID-19). Al Mizan:Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45–60. Retrieved from http://ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id/index.php/almizan/article/view/142

Hapsari, D. (2015). Strategi Pemberdayaan Usaha Rumahan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 3(1), 209–214. https://doi.org/10.37061/jps.v3i1.2133

Harahap, H. S., & Kurniawati, D. I. (2018). Whatshapp Sebagai Media Strategi Komunikasi Ustazdah dalam Menyampaiakn Dakwah. Conference on Dynamic Media, Communication, and Culture, 1, 131–150.

Ilsan, M., Salim, M., & Husain, T. K. (2020). Pelatihan Teknik Menyusun Laporan Keuangan Untuk UMKM Agribisnis. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 102. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.5993

Kariem, M. Q. (2020). Konsepsi Kebijakan Pemerintah Di Era New Normal. TheJournalish: Social and Government, 1(2), 76–80. Retrieved from http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/22

Muslih, B. (2020). Urgensi Komunikasi dalam Menumbuhkan Motivasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 57–65. Retrieved from http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/463

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Radjab, E., Tj, T. A., Jurusan, D., Niaga, A., Negeri, P., & Pandang, U. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Online sebagai Sarana Pemasaran. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 2017(02), 292–295.

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja, 04(02), 93–104. https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104

Suryadi. (2017). Analisis Persediaan Bahan Baku pada Home Industry Tahu di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara. Jurnal Dinamika, 3(2), 53–65. Retrieved from http://journaldinamika.com/index.php/journaldinamika/article/view/7

Downloads

Published

2021-01-23

How to Cite

Efendi, E., Rachmadan, S., Guntoro, D., Putri, D. S., Fadli, A. M., Al’ Azhmi, A., Khoirunisa, D. D., Sintia, I., Hikmah, N., Yulianah, S., & Sari, Y. P. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa New Normal Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif Usaha dengan Memanfaatkan Media Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 259–264. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8776