Strategi Pengembangan Produk Jambu Kristal Di Era New Normal

Authors

  • Eko Setiawan Universitas Islam Malang
  • Gangga Febrianto Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Ramis Mashuri Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Alfianta Harnadi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Maulidina Ainur Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Andita Niken Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Shinta Lestari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Hendra Hafidz Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Nur Rezki Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Hanifah Nur Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Sevena Yasmin Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Hisyam Nasher Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Firlana Asari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8828

Keywords:

jambu kristal, inovasi, pengembangan

Abstract

Pandemi Covid-19 belum sepeuhnya berakhir. Oleh karena itu, masyarakat yang tergabung dalam UMKM Bumiaji Sejahtera harus bergotong-royong untuk bertahan tetap hidup selama masa pandemi akibat penurunan daya beli. Jambu kristal merupakan varietas baru jambu biji dimana memiliki daging buah yang tebal dan biji yang sedikit sehingga banyak digemari oleh masyarakat terbukti dengan permintaan yang bertambah setiap tahunnya. Besarnya permintaan produk olahan jambu kristal di Desa Bumiaji, tidak sebanding dengan variasi olahan produk yang ada. Maka inovasi produk perlu dilakukan untuk memenuhi permintaan dan pengembangan jambu kristal di Desa Bumiaji. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus (case study) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Bumiaji, yang berfokus kepada pengembangan produk buah jambu kristal. Hasil dari penelitian yakni berupa produk rempeyek daun jambu kristal untuk meningkatkan pemasaran. Kekurangan kreatifitas SDM yang ada, perlu dibarengi dengan adanya pelatihan inovasi produk yang intensif.

 

 

References

Bramasta, D. B. (2020). Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona. Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/063100865/mengenal-apa-itu-new-normal-di-tengah-pandemi-corona-?page=all

Herdiat, I., Dwiratna, S., & Kendarto, D. R. (2018). Evaluasi kesesuaian lahan tanaman jambu kristal sebagai upaya perluasan lahan di kabupaten sumedang menggunakan teknik analisis geospasial. In Seminar Nasional “Inovasi Pangan Lokal Untuk Mendukung Ketahanan Pangan†(pp. 80–86). Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_IPPL/article/view/711

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: PT. Indeks, Jakarta.

Mashabi, S. (2020, September 3). 6 Bulan Pandemi Covid-19: Catatan tentang PSBB dan Penerapan Protokol Kesehatan. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/09002161/6-bulan-pandemi-covid-19-catatan-tentang-psbb-dan-penerapan-protokol?page=all

Pratidina, R., Syamsun, M., & Wijaya, N. H. (2016). Analisis Pengendalian Mutu Jambu Kristal dengan Metode Six Sigma di ADC IPB-ICDF Taiwan Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12180

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2020). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Tambunan, L. (2020). Virus corona di Indonesia: Kapan puncak pandemi akan terjadi setelah penerapan “new normal� BBC News Indonesia. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53380880

Downloads

Published

2021-01-23

How to Cite

Setiawan, E., Febrianto, G., Mashuri, R., Harnadi, A., Ainur, M., Niken, A., Lestari, S., Hafidz, H., Rezki, N., Nur, H., Yasmin, S., Nasher, H., & Asari, F. (2021). Strategi Pengembangan Produk Jambu Kristal Di Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 323–327. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8828