Memaksimalkan Metode Pembelajaran Secara Daring Ditengah Wabah Covid-19

Authors

  • Taufiq Rahman Ilyas Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Alvin Nur Chahya Rahman Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Riska Aisyah Putri Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Rofiatul Maghfiroh Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Riski Nanda Aldino Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Rulita Risfatma Putri Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Roudhotul Angelika Wibowo Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Lina Kusumawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Chillatus Syarifah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Devi Permana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Sukma Faradiba Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.8856

Keywords:

metode, pembelajaran daring, pandemi covid 19

Abstract

Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang generasi bangsa yang berkualitas dan unggul. Oleh sebab itu pendidikan harus tetap dilaksanakan walaupun dalam  keadaan yang bagaimanapun, dalam hal ini pemerintah mewajibkan para anak bangsa untuk menempuh pendidikan selama 12 tahun. Dengan adanya virus Covid 19 ini sistem pendidikan yang biasa dilakukan secara normal menjadi terganggu atau terpaksa diberhentikan guna memutus tali persebaran Covid 19. Melihat hal tersebut semakin menurunya kualitas pendidikan di Indonesia maka dari itu metode pendidikan harus tetap dilakukan walupun tidak dengan keadaan normal atau tatap muka. Maka dari itu menteri pendidikan memberikan penyelesaian atas masalah tersebut dengan memunculkan metode baru yang biasa disebut dengan “metode daringâ€. Metode daring adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi seperti goolel meet, zoom dst. Dengan adanya metode daring tersebut maka proses pemebelajaran tetap terlaksanan tanpa adanya kereaguan tertular virus Covid 19 . Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak  mampu dalam melaksanakan metode tersebut dikarenakan biaya kuota yang besar atau tidak memiliki media elektronik, sehingga bisa disimpulkan bahwa metode daring tersebut belum sepenuhnya berjalan secara maksimal pada masyarakat desa.

References

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hamidi, A. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Prodi Ikor. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(2), 109–118. https://doi.org/10.35194/jm.v10i2.1124

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safi, I., Candra, A. I., Widodo, S. R., Santoso, A., Heryanto, B., Winarti, E., & Rahmadi, A. N. (2021). Pembuatan masker dan bilik disinfektan sebagai upaya membantu masyarakat terdampak covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 36–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7524

Sari, P. R., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Ilyas, T. R., Rahman, A. N. C., Putri, R. A., Maghfiroh, R., Aldino, R. N., Putri, R. R., Wibowo, R. A., Kusumawati, L., Syarifah, C., Permana, D., & Faradiba, S. (2021). Memaksimalkan Metode Pembelajaran Secara Daring Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 7–10. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.8856