Analisis Kelompok Acuan dan Pengetahuan Konsumen Pada Keputusan Pembelian Kamera Digital

Fikri Ali Hakim

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel kelompok acuan dan pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kamera digital merek Canon di Kota Malang dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 180 responden dengan berlandaskan teori Malhotra, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode aksidental. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok acuan dan pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang. Dan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kamera digital merek Canon di Kota Malang adalah variabel pengetahuan konsumen.


Keywords


Kelompok Acuan, Pengetahuan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kamera Digital

References


Agustiyanto, Nur Rohman Eko. 2016. Analisis Pengetahuan Konsumen dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula di Kota Malang. Skripsi diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Apriyandani, Hendri dkk. 2017. Jurnal Administrasi Bisnis. Pengaruh gaya hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone iPhone) Vol 50 No.2

Diana, Ilfi Nur. 2012. Hadist-hadist Ekonomi. Malang: UIN Press.

Evanina, Sinanturi dkk. 2012. Jurnal Manajemen. Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menggunakan Blackberry. Vol 1 No 2.

Jayawijaya, Puta Firman dkk. 2017. Jurnal Administrasi Bisnis. Kelompok Acuan (Reference Group), Kebutuhan Mencari Variasi dan Harga Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Blackberry ke Android (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2012 dan 2013 Universitas Brawijaya Malang). Vol. 44 No. 1.

Khadhr, Muhammad Zaki. 2008. Manajemen Total Istiqomah. Surakarta: Shafa Publishing.

Kotler, Philip dan Kevin L Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nisitasari, Rahayu. 2017. Pengaruh Pengetahuan Konsumen (Consumer Knowledge) dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Asuransi Prudential Syariah Cabang Tulungagung. Skripsi diterbitkan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Rivai, Veithzal. 2012. Islamic Marketing Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah SAW. Jakarta: Kompas Gramedia.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, Muhammad. 2011. Panduan Praktis Analisis SPSS Untuk Manajemen (Keuangam, SDM, dan Pemasaran). Malang: FE UIN Malang.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.