Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pendeteksian Plagiasi Tugas Akhir

Hariri Hariri, Ayub Wijayati Sapta Pradana

Abstract


The purpose of this study was to determine the perception of accounting students on the detection of plagiarism in the writing of the final project / thesis. The total population of this study is 100 accounting students who are preparing their final project / thesis. Data collection methods in this study, namely: interviews, observation and documentation. The results indicate that most accounting students in the final project were still doing plagiarism for various reasons. To avoid plagiarism by students, which is to provide understanding to students about the meaning of plagiarism from subject lecturers and related institutions.

Keywords


Perception, Detection, Plagiarism, Thesis

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinekan Cipta.

Arista, Riska Fajar dan Refti Handini Listyani (2015). Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa. Paradigma.Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015.

Aryani, Farida (2014). Model Character Development Training (CDT) Untuk Meningkatkan Perilaku Anti Plagiat Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 47, Nomor 1, April 2014, hlm.21-28.

http://kti-akbid.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-tugas-akhir-dan-skripsi.html

Juliandi, Deni et all (2016). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah Terhadap Tindakan Plagiat Dalam Penulisan Skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1 No.4 Oktober 2016, 229-237.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997). Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan & Balai Pustak. Plagiarisme. Diunduh tanggal 5 Pebruari 2018 di https://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997). Skripsi. Diunduh tanggal 5 Pebruari 2018 di https://id.wikipedia.org/wiki/Skripsi

Leo, S. (2010). Preventing Plagiarism around Our Campus in Indonesia. Bandung: TEFLIN. Retrieved from http://repository.upi.edu/operator/upload /paps_2010_teflin_sutanto_leo.pdf

Macdonald, R., & Carroll, J. (2006). Plagiarism—a complex issue requiring a holistic institutional approach. Assessment & Evaluation in Higher Education.

Masri (2011). Kiat Menghindari Plagiat. Jakarta: PT Indeks

Moleong, Lexy (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja

Nazhif, Al Kahfi (2016). Identifikasi Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unsyiah Terhadap Tindakan Plagiat Dalam Penyusunan Skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1 No.3 Juli 2016, 7-14

Octavia, Anisaa (2013). Penjelasan Mengenai Plagiat. Diunduh tanggal 5 Pebruari 2018 di https://anisaaoctavia.wordpress.com/2013/12/29/penjelasan-mengenai-plagiat/

Permendiknas (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Tentang Pendidikan. Salinan PERMENDIKNAS. Diunduh tanggal 10 Pebruari 2018 di (http://www.scribd.com/doc/58091151/ Permendiknas-17-Thn-2010-Tentang- Penanggulangan- Plagiat).

Roberts, T. S. (2008). Student Plagiarism in an Online World: Problems and Solutions. Hershey • New York: Information Science Reference.

Satria, Rio et all (2017). Identifikasi Bentuk Tindak Plagiat Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.2 April 2017, 231-237.

Septiardi, Prasetyo (2012) Mengenal Jenis-Jenis Plagiarisme. Diunduh tanggal 5 Pebruari 2018 di https://septiardi-prasetyo.blogspot.co.id/2012/04/mengenal-jenis-jenis-plagiarisme.html?m=1

Sudijono, Anas. (2005) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutherland-smith, W. (2008). Plagiarism, the Internet and Student Learning: Improving Academy Integrity. Higher Education. New YOrk and London: Routledge Taylor & Francis Group.

Suwarjo, et all (2012). Identifikasi Bentuk Plagiat pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Artikel Penelitian, 4-8.

Yin, Robert, K. (2002). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.