INKLUSIVISME KONSEP ETIKA RELIGIUS PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ali Ahmad Yenuri Institut Keislaman Abdullah Faqih

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10320

Abstract

 

Kajian tentag konsep etika religius pada tingkat sekolah dasar menjadi sangat penting karena ia merupakan basis etis dalam menjalankan pralaku beragama. Dalam konteks pendidikan agama Islam di sekolah dasar, etika religius bisa ditemukan terutama pada materi PAI. Etika religius yang tersebar pada semua materi PAI tersebut secara umum mengandung basis etis bagi inklusivisme. Sebagai sebuah konsep yang inklusif, etika tersebut bisa menjadi modal penting baik bagi guru maupun siswa mengingat kedua sekolah tersebut terdiri dari guru dan siswa yang multikultur, baik dari sisi etnis, agama, maupun budaya. Kajian ini bertujuan untuk menemukan konsep etika religius yang tersebar pada materi PAI dan menemukan inklusivisme pada konsep etika religius dalam materi PAI. Peneliti menggunakan perpaduan antara kajian teks dan penelitian kualitatif berjenis fenomenologi. Hasil penelitian menemukan tiga hal. Pertama, berdasarkan pemetaan yang dilakukan peneliti, konsep etika religius tersebut meliputi etika ketuhanan, etika kenabian, etika keagamaan, etika kemanusiaan, etika kebangsaan, dan etika lingkungan. Kedua, inklusivisme bisa ditemukan dalam konsep etika religius. Secara umum konsep-konsep etika riligius yang tersebar dalam materi PAI mengandung pemikiran, nilai, sikap dan tindakan inklusif. Ketiga, pada domain pembelajaran, konsep etika religius tersebut juga berkaitan dengan inklusivisme pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan sosial.  

Kata Kunci: Inklusivisme, Konsep Etika Religius, Materi PAI.

 

The study of the concept of religious ethics at the elementary school level is very important because it is the ethical basis for practicing religious practice. In the context of Islamic religious education in elementary schools, religious ethics can be found especially in the material of Islamic Education. The religious ethics that are spread across all the PAI materials generally contain an ethical basis for inclusivism. As an inclusive concept, ethics can be an important asset for both teachers and students considering that the two schools consist of teachers and students who are multicultural, both from an ethnic, religious and cultural perspective. This study aims to find the concept of religious ethics that is spread in Islamic Education material and to find inclusivism in the concept of religious ethics in Islamic Education material. Researchers use a combination of text study and qualitative phenomenological research. The results of the study found three things. First, based on the mapping conducted by researchers, the concept of religious ethics includes divine ethics, prophetic  ethics,  religious  ethics,  human ethics, national ethics, and environmental ethics. Second, inclusivism can be found in the concept of religious ethics. In general, the concepts of religious ethics that are spread in PAI materials contain inclusive thoughts, values, attitudes and actions. Third, in the learning domain, the concept of religious ethics is also related to inclusivism in cognitive, affective, psychomotor, and social aspects.

Keywords:  Inculusivism, religious ethics, subject matter of religious education.

References

Al Ghazali, Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. 2008. Ihya Ulumiddin, Murajaah: Shidqi Muhammad al ‘Aththar. Beirut: Darul Fikr.

Al Bukhari, Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim ibn al Mughirah bin Bardizbah. 1981. Shahih Bukhari, Vol.2, Semarang: Maktabah wa Matb’ah Usaha Keluarga.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D. (Eds). 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Complete Edition). New York: Addison Wesley Longman.

Bloom, B.S. (Ed.) Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., & Krathwohl, D.R. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive domain. New York: Longman.

Bogdan, Robert C. And Biklen, Sari Knopp. 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Fifth Edition. New York: Pearson Education.

Dettmer, Peggy. 2005. New Blooms in Established Fields: Four Domains of Learning and Doing, Roeper Review, 28:2, 70-78, DOI: 10.1080

Fakhry, Madjid. 1996. Etika Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Futaqi, Sauqi. 2019. Kapital Multikultural Pesantren. Yogyakarta: Deepublish.

Haris, Abd. 2010. Etika Hamka: Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Yogyakarta: LkiS.

Izutsu, Toshihiko. 1993. Konsep-konsep Etika Religius dalam al-Qur’an, terj. Agus Fahri Husein, dkk. Yogyakart: Tiara Wacana.

K. Geldard, & D. Geldard. 2011. Konseling Anak-anak Panduan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krathwohl, David R. Dkk. 1964. Taxonomy Of Education Objectives Hand Book II: Affective Domain. New York: David Mckay Company Inc.

Kristin Beise Kiblinger .2003. Identifying Inclusivism in Buddhist Contexts, Contemporary Buddhism: An Interdisciplinary Journal, 4:1, 79-97, DOI:10.1080.

Lickona, Thomas. 2013. Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab, Terj.Jakarta: Bumi Aksara

Madjid, Nur Cholis. 1992. Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kebudayaan dan kemodernan. Jakarta: Paramadina

Mathewes, Charles. 2010. Understanding Religious Ethics. United Kingdom: Wiley-Blackwell.

Matthew B. Miles, A, Michael Huberman, dan Johnny Saldama. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methode Sourcbook. Sage Publication, Inc. Edisi ketiga.

Miskawaih, Ibn. 1997. Menuju Kesempurnaan Akhlak, Terj. Hemi Hidayat. Bandung: Mizan

Nurihsan, A. J. & Agustin, M. (2011). Dinamika perkembangan anak dan remaja. Bandung: Refika Aditama.

Qardhawi, Yusuf. 1997. Membangun Masyarakat Baru. terj. Rusydi Helmi. Jakarta: Gema Insani Press.

Race, Alan. 1983. Chistians and Religius Pluralism: Patternes in The Christian Theology of Religion. Maryknoll, Ny: Orbis Books.

Shihab, Muhammad Quraish. 2003. Tafsir Al- Misbah: Pesan, Kesan dan Keselarasan Al-Qur’an. Vol VII. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, Alwi. 1998. Islam Inklusif, Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan.

Sumbulah, Umi. 2015.“Pluralism and Religious Harmony in Religious Elites Perspectives in Malang Cityâ€. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 22.

Sumbulah, Umi. 2011. Islam dan Ahlul Kitrab Perspektif Hadis. Malang: UIN Maliki Press..

Suprayogo, Imam. 2012. Spirit Islam Menuju Perubahan dan Kemajuan. Malang: UIN-Maliki Press.

Syukur, Suparman. 2004. Etika Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penulis Kemdikbud. 2017. Buku Guru: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2021-02-26

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL