INTEGRASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DAERAH PASCA KONFLIK

Authors

  • Saepudin Mashuri IAIN Palu

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10321

Abstract

 

Artikel ini berkenaan dengan integrasi nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di sekolah dengan setting sosial masyarakat Poso pasca konflik yang sedang membangun perdamaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses integrasi nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 dan SMAN 3 Poso, Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi multisitus di dua sekolah yang memiliki karakteristik umum yang sama. Teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode komparatif konstan untuk menemukan persamaan, perbedaan dan hubungan temuan penelitian di kedua situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai multikultural yang diintegrasikan di kedua sekolah adalah kontekstual dengan realitas keragaman peserta didik, masyarakat dan upaya membangun perdamaian di sekolah dan daerah Poso pasca konflik. Kemudian, nilai multikultural  yang diitegrasikan bersifat universal yang mencakup: saling memaafkan, kasih sayang, saling menghormati, kepedulian, toleransi, kebersamaan dan perdamaian. Proses integrasi nilai multikultural dilakukan melalui empat pendekatan, yaitu: formal-tekstual, sosial-kontekstual, kontributif-kultural dan aditif-tematik dengan empat bentuk integrasi, meliputi: normatif, interpersonal, sosial dan budaya lokal.

Kata Kunci: Integrasi, Nilai Multikultural, Pembelajaran PAI, Perdamaian, Sekolah Pasca Konflik

 

This paper deals with multicultural values integration in Islamic education learning takes place on the social setting of post-conflict schools and society who are building peace. The purpose of this study is to reveal the process of multicultural values integration in Islamic education learning at di SMKN 1 dan SMAN 3 Poso, Central Sulawesi. The study is a qualitative approach with multi-sites study in two schools with same general characteristics. The data collection techniques are: in-depth interview, partisipant observation, and document study. Analysis was carried out by comparative constant analysis to find smillarities, difference, and correlation of the results of the research in two schools. The results of the study indicate that integration of multicultural values in Islamic education learning in  both schools are contextual with the reality of students diversity, society and effort to build peace in the post - conflict  schools  and Poso area. Then, the integrated of multicultural values is universal. The values are forgiveness, compassion, mutual respect, care, tolerance, togetherness, and peace. The process of multicultural values integration in Islamic education learning in both schools has been performed through four approaches. The approaches consist of: formal-textual, social-contextual, contributive-cultural, and additive-thematic. While its forms of the integration include: normative, interpersonal, social, and local culture.

Key Words: Integration, Multicultural Values, Islamic Educatin Leaning, Peace, Post-Conflict Schools

 

References

Azra, Azyumardi. Merawat Kemajemukan, Merawat Indonesia. Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Abdullah, M. Amin dalam Kata Pengantar: “Kesadaran Multikultural: Sebuah Gerakan “Interest Minimalization†dalam Meredakan Konflik Sosial†dalam M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.

Adisusilo, Sutarjo Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Banks, James A. and Cherry A. McGee Banks, Multicultural Education: Issues and Perspective. Ed.VII, USA: Wiley & Sons, Inc. 2010.

Baidhawy, Zakiyuddin Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Bogdan, Robert and Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education; An Introduction to Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc, 1998.

Hasan, Muhammad Tholhah. Pendidikan Multikultural sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang: Universitas Islam Malang, 2016.

Jamaludin, Adon Nasrullah. Agama & Konflik Sosial: Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme, dan Konflik AntarUmat Beragama. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, https://www.kbbi.my.id/kata/integrasi. Diakses, tanggal 15 November 2019.

https://kbbi.web.id/nilai.html. Diakses, tanggal 25 November 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Khaldun, Ibnu. Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahmadie Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Khan, Maulana Wahiduddin. Islam Anti Kekerasan, Terj. Samson Rahman. Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2000.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respct and Responsibility. New York: Batam Books, 1991.

M.D, Mahfud. Demokrasi dan Konstitusi di Indoenesia. Yogyakarta, Liberty, 1993.

Mitchell, Bruce M. and Robert E. Salsbury, Encyclopedia of Multicultural Education. London: Greenwood Press, 1999.

Milles, Matthew B., Michael Huberman and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Saourcebook. Ed. III; USA: SAGE Publication.Inc, 2014.

Parekh, Bikhu. Rethingking Multicuturalism, Keragaman Budaya dan Teori Konflik, Terj. C.B. Bambang Kukuh Adi. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Race, Ricard. Multiculturalism and Education: Comtemporary Issues in Education Studies. Great Britain, Continuum, 2011.

Rahman, H. Abd. dkk, Panduan Integrasi Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam pada SMA dan SMK. Jakarta: PT. Kirana Cakra Buana, 2011.

Ritzer, George. Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Posmodern, Terj. Saut Pasaribu dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Silis, David, E. (ed), International Encyclopedia of the Social Science. New York: The MacMillan Company & The Free Press, 1986.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Pendidikan Karaker: Konsep dan Model, (Cet. V; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Sanaky, Hujair AH. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Kaukaba, 2016.

Scupin, Raymond and Christopher R. Decorse, Anthropology: A Global Perspective 8th ed. Boston: Pearson Education, 2016.

Wirawan, I.B. Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definis Sosial & Prilaku Sosial. Jakarta: Kencana, 2012.

Downloads

Published

2021-02-26

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL