KAJIAN RISET DISIPLINER DAN INTERDISIPLINER DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENGHADAPI ISU NASIONAL DAN GLOBAL

Authors

  • Asep Kurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Toto Koswara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v6i2.12168

Abstract

Abstract

This article focuses on the study of the importance of an disciplinary and interdisciplinary approach in Islamic studies. From the research results, it is concluded that disciplinary and interdisciplinary approaches are very important in the study of Islamic education, especially in dealing with current national and global issues for several reasons: First, disciplinary and interdisciplinary approaches are very important approaches to be encouraged especially if this approach is used to understand Islamic messages contained in the Qur'an and al-Hadith. Second, the disciplinary and interdisciplinary approach is a new approach in order to contextualize Islamic messages, so that Islamic messages really are shalih li kulli zaman wa al-makan.

 

Keywords: Discipline, Interdisciplinary, Islamic Education, National  global issues

References

A. Malik. Fajar, Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan. 1998.

Abdul Rahman Shaleh, Pendidikan Agama Islam Dan Pengembangan Untuk Bangsa Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Abdurrahman Soejono, Metode Penelitian Suatu Pemikiran Dan Penerapan, Jakarta: Reneka Cipta, 1999.

Abuddin. Nata, Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Bogor: Kencana, 2003.

Achwan, Roihan, Konstruksi Filosofis Pendidikan Islam, dalam Religiusitas IPTEK, Bandung: Pustaka Pelajar, 1998

Ahmad Syafi'i. Maarif, Pemikiran tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia,†dalam Muslih Usa, ed., Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana. 1991

Azyumardi. Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cet. 1; Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 1999

Daulay, Haidar Putra.. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cet. ; Jakarta: Kencana, 2004.

Dede Rosyada,. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Cet. 1; Jakarta: Kencana. 2004

Fazlur. Rahman, Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition, terj. Ahsin Mohammad, Islam dan Modernitas.Yogyakarta: Pustaka, 1985.

H.A.R. Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Cet. 9; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2008.

Hasbi. Indra, Pendidikan Islam Melawan Globalisasi. Cet. II; Jakarta: Rida Mulia. 2005.

Ihsan, Fua), Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner (Metode Penelitian Ilmu Agama Interdisipliner Dengan Ilmu Lain) Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Khoiruddin Nasution, “Berpikir Rasional Ilmiah Dan Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Hukum Keluarga Islam,†Al-Ahwat 10, no. 1 (2017): 19.

Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1995.

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Cet. 2;Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada., 2006.

Mujamil Qomar dalam buku karya Rahmat, Pendidikan Agama Islam Multidisipliner Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi, Yogyakarta: LKiS, 2017.

Oemar Hamalik, Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembinaan Ketenagaan, Bandung: Trigenda Karya, 1994.

Qomarudin Hidayat, “Dialog Studi Interdisipliner di Tengah Spesialisasi Ilmu-Ilmu Keislaman, Perta, Vol. VII. No. 2, (2005), 16

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. 1; (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Saifudin Mujtaba, “Studi Islam Interdisipliner : Sebuah Keniscayaan,†At-Turas Jurnal Studi Keislaman II, no. 2 (2015): 170

Soerjo Antisipasi Pendidikan Islam Dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000, dalam Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita Dan Fakta, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 2007

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Wahid, Marzuki, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi. Bandung: Pustaka Hidayah, 2011.

Zubaedi. Isu-Isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021

Downloads

Published

2022-10-30

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL