REKONSTRUKSI MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI MODEL PENCEGAHAN KADERISASI TERORIS (Kajian Politik Hukum dan Islam)

Authors

  • Siti Marwiyah Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Hairus Hairus Politeknik Negeri Malang
  • M. Syahrul Borman Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i2.12820

Abstract

 

Model pembelajaran di dunia Pendidikan, baik pendidikan formal maupun tidak, sangatlah menentukan terbentuknya anak-anak atau subyek didik. Mereka  akan memiliki ketahanan mentalitas dan spiritualitas yang kuat ataukah tidak, akan dipengaruhi oleh penyelenggaraan pembelajaran yang diterima atau ditransformasikan kepadanya. Dirinya akan jadi subyek yang dapat  mencegah atau dicegah dari kemungkinan menjadi kader-kader terorisme diantaranya berkat pengaruh nilai-nilai secara yuridis maupun agama yang diinternalisasikannya secara edukatif. Keterjerumusan anak menjadi kader terorisme merupakan bagian dari kritik serius terhadap ketidakseriusan penyelenggaran Pendidikan.

Kata kunci: terorisme, Pendidikan, hukum, agama.

 

The learning model in the world of education, whether formal education or not, really determines the formation of children or students. They will have a strong mentality and spirituality resilience or not, will be influenced by the organization of learning that is received or transformed to them. He will be a subject who can prevent or be prevented from becoming terrorism cadres, including thanks to the influence of juridical and religious values which he internalizes educatively. The fall of children into terrorism cadres is part of a serious criticism of the lack of seriousness in providing education.

Keywords: terrorism, education, law, religion.

References

Buku

Aminah, 2010, Anak dan Terorisme, Malang: Permata Hati.

Atmasasmita, Romli, 2003, State Trrorism, Perspektif HAM, Hukum, dan Sosiologis, Malang: Fakultas Hukum Unisma.

Fitria, Ria, 202015, Informasi Inteljen dalam Hubungannya dengan Pembuktian Tindak Pidana Terorisme, Malang: Kaukus Press.

Halim, Abdul, 2007, Teroris diantara Ideologi dan Ketidakadilan Global, Nirmana Media, Jakarta.

Khudzaifah, 2019, Terorisme dari Masa Kemasa (Kajian Multidimensi), Jakarta: Gema, 2019.

Iskandar, 2007, Keluarga: Pondasi Anak Indonesia, Yogyakarta: Qpres

Muqoddas, Ahmad, 2016, Mengajarkan pada Generasi tentang Cara Melawan Terorisme, Jakarta: Bentangjaya.

Jurnal

Harjanto, Hari, Setiawan, Wardianti Adhani, Yusuf , Iyus, Andi Azikin, Anak Sebagai Pelaku Terorisme Dalam Perspektif Ekologi Sosial, Sosio Informa, Vol 6, No 3 (2020).

Komariah . Mamay, Kajian Tindak Pidana Terorisme Dalam Presfektif Hukum Pidana Internasional, Galuh Yustisi, Vpl 5. No. 1, 2017.

Windiani, Reni, Peran Indonesia Dalam Memerangi Terorisme. Jurnal Ilmu Sosial Vol. 16|No. 2|Edisi Juli - Desember 2017.

Makalah

Hafidz, Abdullah, Anak dan Terorisme, makalah disampaikan dalam Diskusi tentang Anak dalam Terorisme dan Politik Global, Malang: LKLAI, 17 Agustus 201

Downloads

Published

2021-08-15

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL