SPIRIT PEMBELAJARAN ISLAM TERHADAP OPTIMALISASI DISRUPSI DIGITAL UKM DALAM MENINGKATKAN INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ahmad Syaifudin Fakultas Hukum Universitas Islam Malang
  • Abid Zamzani Fakultas Hukum Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i2.13078

Abstract

 

Disrupsi digital era pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada seluruh industri dan perusahaan di dalam industri digital yang telah membuat perusahaan di dalam industri retail melakukan transformasi dengan memperkuat bisnis daringnya, perusahaan di dalam industri transportasi juga bertransformasi, karena pilihannya adalah berubah, bertransformasi, atau terlindas oleh perusahaan disruptor. Transformasi demikian inilah yang menjadi bagian dari spirit pembelajaran Islam, karena Islam secara sepepsifik menuntut setiap manusia melakukan perubahan dalam kondisi apapun. Pada masa pandemi terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Pelaku UKM Kelurahan Pisangcandi kesulitan dalam mencapai target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu. Perubahan pola tersebut, seyogyanya diikuti pelaku UKM agar bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal.

Kata Kunci: Islam, Pembelajaran, Digital Marketing, Covid-19

 

The digital disruption of the Covid-19 pandemic era has had a major impact on all industries and companies in the digital industry which has made companies in the retail industry to transform by strengthening their online business, companies in the transportation industry are also transforming, because the choice is to change, transform, or run over by disruptor companies. This kind of transformation is part of the spirit of Islamic learning, because Islam specifically requires every human being to make changes under any conditions. During the pandemic, there was a change in the consumption pattern of people's goods and services from offline to online. SMEs in Pisangcandi Village have difficulty in achieving the targets that must be achieved when the economy is disrupted. This change in pattern should be followed by SMEs so that they can develop so that they are able to face new normal conditions.

Keywords: Islam, Learning, Digital Marketing, Covid-19

References

Buku

Aris Ariyanto, dkk, 2021, Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi, Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandir.

Badan Pusat Statistik dalam Perkembangan Indikator Makro UKM Tahun 2008.

Chaffey, dkk, 2009, Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice, United States: Prentice Hall.

Lexy J. Moeloeng, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rangkuti F, 2010, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: Gramedia.

Tjiptono, Fandy. 2012, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: Andi offset.

Jurnal

Dewi Diah Fakhriyyah, dkk, Oktober, 2020, Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 4.

Dwi Ageng Setyawan, dkk, April 2020, Optimalisasi Media Sosial Terhadap Pemasaran di Usaha Mikro Kecil Menengah, Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, Vol. 16, No. 1.

Jaidan Jauhari, April, 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2, No. 1.

Rotumiar Pasaribu, November, 2020, Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Komunikasi dan Media, Vol. 01 No. 01.

Vina Natasya, Pancawati Hardiningsih, Maret, 2021, Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM di Masa Pandemi, Journal of Economics and Business, Vol. 5 No. 1.

Zahrah Lathifah, dkk, februari, (¬¬,,,,), Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya, Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol. 16, No. 1.

Internet

Despian Nurhidayat, Januari 2021, 6 Program Ini Jadi Fokus Kemenkop-UKM Sepanjang 2021, Diakses pada tanggal 29 Mei 2021, pukul 17.27. Website: https://mediaindonesia.com/ekonomi/378955/6-program-ini-jadi-fokus-kemenkop-ukm-sepanjang-2021

Natisha Andarningtyas, 2021, UKM Perlu Edukasi Agar Mampu Bertahan Jualan Online, Diakses pada tanggal 30 Mei 2021, pukul 12.22. Website: https://www.antaranews.com/berita/2178082/ukm-perlu-edukasi-agar-mampu-bertahan-jualan-online

Downloads

Published

2021-08-29

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL