MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP MULTIKULTURALISME

Authors

  • Mohammad Jamhuri Universitas Yudharta Pasuruan
  • Maskuri Maskuri Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2552

Abstract

Nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Universitas Yudharta Pasuruan telah dilaksanakan dengan baik, terbukti telah terjadi sikap saling menghormati, toleransi, sikap saling menghargai, tolong menolong dan lain sebagainya, baik antar mahasiswa atau antar dosen dan atau antar mahasiswa dan dosen Universitas Yudharta Pasuruan dan dengan masyarakat. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan telah terintegrasi oleh prinsip-prinsip aswaja dan nilai-nilai multikultural, baik pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran, ektra kurikuler atau pada kegiatan keagamaan mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan.

Kata kunci: prinsip-prinsip aswaja, multikultural, model pembelajaran       

 

The values of multiculturalism in learning Islamic education at the University of Yudharta Pasuruan have been well implemented, it has been proven that there has been an attitude of mutual respect, tolerance, mutual respect, help and so on, both between students or between lecturers and or between students and University lecturers Yudharta Pasuruan and with the community. The implementation of the learning of Islamic religious education at Yudharta Pasuruan University has been integrated by the principles of Aswaja and multicultural values, both in the implementation of learning activities, extra curricular or in religious activities of students of Yudharta Pasuruan University.

Keywords: aswaja principles, multicultural, learning models

Author Biography

Mohammad Jamhuri, Universitas Yudharta Pasuruan

Dosen Universitas Yudharta Pasuruan

References

Buku

Ahmad Syafii Maarif, 1995, Membumikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir, 2006, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Departemen Agama.

H.A.R Tilaar. 2004, Perubahan Sosial Dan Pendidikan, pengantar pedagogik transformatif untuk indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

M.. Nadjid Muchtar, 2005, Islam Ahlusunnah Waljama’ah Sejarah pemikiran dan dinamika NU di Indonesia, Jakarta.

Minto Rahayu, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan (Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa), Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mochtar Zaman, 2012, Konstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam-Media.

Muhammad Tholchah Hasan, 2016, Pendidikan Multikulturalisme sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme, Malang: Universitas Islam Malang.

Musthafa Kamal Pasha, 2003, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Jakarta: Citra Karsa Mandiri.

Internet

Endang Komara, Peran Pendidikan Islam dalam Era Globalisasi, http://www.geocities.ws/endang.komara/peran_pendidikan_islam_dalam_era_globalisasi.htm,akses 2 September 2017.

Downloads

Published

2019-02-27

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL