MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP MULTIKULTURALISME
DOI:
https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2552Abstract
Nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Universitas Yudharta Pasuruan telah dilaksanakan dengan baik, terbukti telah terjadi sikap saling menghormati, toleransi, sikap saling menghargai, tolong menolong dan lain sebagainya, baik antar mahasiswa atau antar dosen dan atau antar mahasiswa dan dosen Universitas Yudharta Pasuruan dan dengan masyarakat. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan telah terintegrasi oleh prinsip-prinsip aswaja dan nilai-nilai multikultural, baik pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran, ektra kurikuler atau pada kegiatan keagamaan mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan.
Kata kunci: prinsip-prinsip aswaja, multikultural, model pembelajaran      Â
Â
The values of multiculturalism in learning Islamic education at the University of Yudharta Pasuruan have been well implemented, it has been proven that there has been an attitude of mutual respect, tolerance, mutual respect, help and so on, both between students or between lecturers and or between students and University lecturers Yudharta Pasuruan and with the community. The implementation of the learning of Islamic religious education at Yudharta Pasuruan University has been integrated by the principles of Aswaja and multicultural values, both in the implementation of learning activities, extra curricular or in religious activities of students of Yudharta Pasuruan University.
Keywords: aswaja principles, multicultural, learning models
References
Buku
Ahmad Syafii Maarif, 1995, Membumikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir, 2006, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Departemen Agama.
H.A.R Tilaar. 2004, Perubahan Sosial Dan Pendidikan, pengantar pedagogik transformatif untuk indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
M.. Nadjid Muchtar, 2005, Islam Ahlusunnah Waljama’ah Sejarah pemikiran dan dinamika NU di Indonesia, Jakarta.
Minto Rahayu, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan (Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa), Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mochtar Zaman, 2012, Konstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam-Media.
Muhammad Tholchah Hasan, 2016, Pendidikan Multikulturalisme sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme, Malang: Universitas Islam Malang.
Musthafa Kamal Pasha, 2003, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Jakarta: Citra Karsa Mandiri.
Internet
Endang Komara, Peran Pendidikan Islam dalam Era Globalisasi, http://www.geocities.ws/endang.komara/peran_pendidikan_islam_dalam_era_globalisasi.htm,akses 2 September 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal PENDIDIKAN MULTIKULTURAL yang diterbitkan oleh Doktor PAI Multikultural Program Pascasarjana Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.