NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL DALAM DUNIA TAREKAT

Halimatussa’diyah Halimatussa’diyah

Abstract


Nilai-nilai pendidikan Agama Islam multikultural dalam Tarekat ini di Implementasikan dalam kegiatan beribadah dan muamalah oleh pengikut Tarekat maupun masyarakat yang tidak ikut Tarekat. Adapun pengaruh Tarekat di dua desa tersebut memberi pengaruh positif terhadap kehidupan sosial dimasyarakat, yang meliputi tiga aspek yaitu spiritual, sosial dan ekonomi. Dengan memunculkan perilaku dan sikap yang baik, mentaati norma-norma yang ada, menjalin hubungan yang harmonis dari segi apapun baik dari segi, sosial dan ekonomi dan kemaslahatan lainnya. Aktif dalam bidang spiritual semakin menambah ketakwaan diri kepada Allah. Dengan demikian Tarekat di dua tempat semakin maju dari tahun-ketahun setelah adanya ajaran pendidikan agama Islam.

Kata kunci: nilai-nilai, Islam, multikultural, tarekat 

 

The values of multicultural Islamic education in this Tarekat are implemented in worship and muamalah activities by followers of the Tarekat and the people who do not participate in the Tarekat. The influence of the Tarekat in the two villages has a positive influence on social life in the community, which includes three aspects, namely spiritual, social and economic. By raising good behavior and attitudes, adhering to existing norms, establishing harmonious relationships in any aspect both in terms of social and economic and other benefits. Being active in the spiritual field increasingly adds to one's devotion to God. Thus the Tarekat in two places progressed from year to year after the teachings of Islamic religious education.

Keywords: values, Islamic, multicultural, tarekat


Full Text:

PDF

References


Buku

Abdul Rachman Shaleh, 2000, Pendidikan Agama Dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi, Jakarta:PT Gemawindu Pancaperkasa.

Abuddin Nata, 2016, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Azyumardi Azra, 2002, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta:Logos Wacana Ilmu.

Choirul Mahfud, 2005, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2005.

Lexi J.Moleong, 2014, Metodologi penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Machfould Harim, 2011, Tasawuf Praktis tanpa Tarekat dan Mursyid, Jombang:Rejoso.

Masykuri Bakri, 2013, Metode Penelitian kualitatif Tinjauan teoritis dan praktis Malang:Visipress Media.

M.Djunaidi Ghony, 2016, Proposal Penelitian, Malang:UNISMA.

Muhammad Tholchah Hasan, 2016, Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan radikalisme, Malang:UNISMA.

Ramayulis, 2015, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia.

Suharsimi Arikunto, 2015, Dasar-dasar Evaluasi pendidikan Edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara .

Tim Kajian Keislaman Nurul ilmi, 2012, Buku induk Terlengkap Agama islam,Yogyakarta:Citra Risalah.

Internet

www.Pengertianpakar.com/2015/03/pengertian –nilai-dan macam-macam –nilai.html, akses 15 Mei 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/multikultural.v3i2.4755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
View My Stats