IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PETERNAKAN LEBAH MADU Apis mellifera di PATI, JAWA TENGAH

Puji Akhiroh, Dewi Masyithoh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan peternakan yang dihadapi oleh lebah madu Apis mellifera di Pati, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara langsung dan dengan menggunakan metode wawancara secara langsung terhadap 15 orang peternak lebah madu Apis mellifera yang terdapat di daerah Pati, Provinsi Jawa Tengah. Data hasil identifikasi permasalahan yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak lebah madu Apis mellifera di daerah Pati, Jawa Tengah memiliki permasalah yang sama yaitu tentang pakan lebah berupa terbatasnya tanaman pakan lebah yang dapat berbunga sepanjang tahun dan paceklik pakan ketika musim hujan. Selain itu, masalah lainnya adalah penyakit atau hama yang menyerang peternakan lebah madu Apis mellifera berupa kutu (varoa), keterbatasan lahan untuk angon lebah, terbatasnya jumlah ratu lebah, proses budidaya yang tidak terkontrol, dan pemasaran produk madu. Dapat disimpulkan bahwa permasalah peternakan lebah madu Apis mellifera di daerah Pati, Jawa Tengah teridiri dari masalah pakan, penyakit, lahan, ratu lebah, pemeliharaan, dan pemasaran produk madu.

 


Keywords


Kata Kunci: pakan lebah, madu, ratu lebah, budidaya

Full Text:

PDF

References


Abrol, D.P. 2011. Foraging. In : Randall H. and SE. Radloff eds. Honeybees of Asia pp. 257-292. Springer, New York.

Agussalim, A. Agus, N. Umami, dan I G. S. Budisatria. 2017. The type of honeybees forages in District of Pakem Sleman and Nglipar Gunungkidul Yogyakarta. Buletin Peternakan. 42(1): 50-56

Agussalim, A. Agus, N. Umami, dan I G. S. Budisatria. 2017. Variasi jenis tanaman pakan lebah madu sumber nektar dan polen berdasarkan ketinggian tempat di Yogyakarta. Buletin Peternakan. 41(4): 448-460.

Kuntadi dan L. Andadari. 2013. Aktivitas akarisida beberapa minyak atsiri, insektisida nabati, dan cuka kayu terhadap Anderson & Trueman (Acari: Varroidae) Varroa. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman. 10(1): 33-42.

Pacini, E. and S.W. Nicolson. 2007. Introduction. In: W.N. Susan, M. Nepi and E. Pacini (eds.). Nectaries and Nectar. pp. 1-18. Springer, New York.

Saepudin, R. 2015. Identifikasi permasalahan perlebahan sebagai dasar pengembangan usaha madu di Provinsi Bengkulu. Jurnal Sain Peternakan Indonesia.10(1): 51-58

Sihombing, D.T.H. 2005. Ilmu Ternak Lebah Madu. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Singarimbun, M. dan E. Sofian. 1982. Metoda Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Widiarti, A. dan Kuntadi. 2012. Budidaya lebah madu Apis mellifera L. oleh masyarakat pedesaan Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam. 9(4): 351-361




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/rekasatwa.v3i1.11144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REKASATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan telah terindek oleh: 

          

Lisensi Creative Commons
REKSATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.