KANDUNGAN MINERAL SAPI BALI BUNTING DAN TIDAK BUNTING DI WILAYAH PESISIR DESA SANTAN ILIR KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Rachmad Sukarno Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Khoiru Indana Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Julinda Romauli Manullang Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kandungan mineral kalsium, magnesium, natrium, tembaga, dan zinc pada serum darah sapi Bali yang dipelihara di wilayah pesisir Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu. Ternak sapi membutuhkan unsur mineral untuk pertumbuhan dan perkembangan, Kadar mineral dalam hijauan pakan ternak sangat berhubungan dengan kadar mineral tanah tempat ternak tersebut dipelihara.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai Oktober 2021, di Laboratorium Pusat Penelitian dan Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Mulawarman dan Laboratorium Balai Riset dan Standarisasi Industri Samarinda (BARISTAND). Sampel berupa serum darah dari 3 ekor sapi bunting, 3 ekor sapi tidak bunting dan 3 ekor sapi dara yang dipelihara secara ekstensif.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kandungan mineral Ca sapi bunting (12,30 mg/L), sapi tidak bunting (11,51 mg/L), dan sapi dara (11,61 mg/L). Rata-rata kandungan Mg sapi bunting (13,73 mg/L), sapi tidak bunting (11,65 mg/L), dan sapi dara (10,65 mg/L). Rata-rata kandungan Na pada sapi bunting (96,08 mg/L), sapi tidak bunting (111 mg/L), dan sapi dara (98,07 mg/L). Rata-rata kandungan Cu sapi bunting (25,15 mg/L), sapi tidak bunting (13,02 mg/L), dan sapi dara (6,10 mg/L). Rata-rata kandungan Zn sapi bunting (29,65 mg/L), sapi tidak bunting (27,72 mg/L), dan sapi dara (32,72 mg/L). dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mineral Ca, Mg, Na, Cu, dan Zn pada sapi bunting, tidak bunting, dan dara yang dipelihara di wilayah pesisir memiliki hasil yang berbeda, berada pada taraf normal, dibawah normal, dan diatas normal dari standar kebutuhan mineral.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Sukarno, R., Indana, K., & Manullang, J. R. (2023). KANDUNGAN MINERAL SAPI BALI BUNTING DAN TIDAK BUNTING DI WILAYAH PESISIR DESA SANTAN ILIR KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. REKASATWA : Jurnal Ilmiah Peternakan, 4(2), 15–24. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/REKAPET/article/view/15988