ANALISIS EFISIENSI USAHATANI PADI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DI DESA SELOKAJANG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR

Aldyferdian Mahesta Jaya, Dwi Susilowati, Moh Nurhadi Sudjoni

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi pada usahatani padi. Penelitian ini dilakukan di Desa Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar yang ditentukan secara sengaja (purposive method). Metode pengambilan sampel menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah R/C ratio dan Regresi Linier Berganda. Hasil anlaisis menunjukkan bahwa rata-rata total Rp.14.279.300, penerimaan Rp. 20.143.970, pendapatan Rp. 5.864.620, Dan R/C ratio 1,43. Selanjutnya ditemukan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap produksi adalah Pupuk Urea, Pupuk Phonska, Pupuk Organik dan Pupuk ZA. Faktor-faktor yang tidak mempengaruhi produksi adalah Luas Lahan, Benih, Pupuk SP-36, Obat dan Tenaga Kerja.

Kata kunci: efisiensi dan faktor-faktor

Full Text:

PDF Hal 1-11

References


Budiono, 2000. Ekonomi Makro, Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Gunjarati, Damodar N. (2003). Ekonomi Dasar. (Edisi Alih Bahasa Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pertanian. 2019. Direktori Perkembang Konsumsi Pangan. Jakarta.

Murtadha. 2018. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sebelum dan Sesudah Penggunaan Coine Harvester di Kabupaten Pidie Jaya. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sundari, MT. Barokah, U. Rahayu, W. 2014. Analisis Biaya dan Pendapatan Usahatani Padi di Kabupaten Karanganyar Vol. 26, 12-19.

Widjarjono, A. 2010. Analisis Stastika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldyferdian Mahesta Jaya, Dwi Susilowati, Moh Nurhadi Sudjoni



Supported by: