ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI MADU STUDI KASUS DI PT KEMBANG JOYO SRIWIJAYA KABUPATEN MALANG

Amin Nurhidayah, Dwi Susilowati, M. Noerhadi Sudjoni

Abstract


Abstrak
Madu merupakan vitamin alami yang digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain
rasanya yang manis, nilai gizi dan khasiatnya tinggi. Madu juga digunakan sebagai kebutuhan
medis dan therapis. Perubahan pola hidup masyarakat dimasa pandemi membentuk kebiasaan
masyarakat untuk hidup sehat. Sehingga hal tersebut menarik masyarakat untuk mengkonsumsi
madu. Pemasaran madu sangat pesat saat ini maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat
untuk mengatasi persaingan usaha sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor
internal dan eksternal perusahaan dan menganalisa strategi pemasaran yang tepat pada
perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data
menggunakan analisis matriks IFAS, matrik EFAS, matriks IE, analisis SWOT dan analisis
QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis matriks IFAS kekuatan utama
ditunjukkaan dengan skor sebesar 0,50 yaitu konsumen yang membeli dalam jumlah besar akan
mendapatkan discount, sedangkan kelemahan utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,50
yaitu tidak memiliki brosur diskon. Berdasarkan analisis matriks EFAS peluang utama ditunjuukan
dengan skor sebesar 0,70 yaitu kebutuhan konsumen akan madu meningkat, sedangkan
ancaman utama ditunjukkan dengan skor 0,52 yaitu kondisi ekonomi sangat berpengaruh
terhadap perkembangan perusahan. Berdasarkan analisis IE menunjukkan bahwa posisi
perusahaan berada padakuadran I, yaitu growth and build (tumbuh dan kembangkan). Hasil
analisis SWOT menghasilkan sebelas alternatif strategi yang diterapkan oleh “PT Kembang Joyo
Sriwijaya” dan terpilih alternatif strategi yang tepat untuk direkomendasikan kepada perusahaan.
Berdasarkan hasil analisis QSPM dengan total nilai atraktif (TAS) tertinggi sebesar 4,98 yaitu perusahaan mempertahankan kualitas produk untuk meningkatkan penjualan.
Kata Kunci : Madu, SWOT, QSPM, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


David, F. R. (2006). Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat,

Jakarta.

David, F. R. (2012). Manajemen Strategis Konsep. Edisi ke-12. Terjemahan Ichsan,

Setyo Budi, Salemba Empat. Jakarta.

Freddy Rangkuti, 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Umar Husein, 2003, Strategic Management In Action, PT. Gramedia Pustaka Utama,

Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amin Nurhidayah, Dwi Susilowati, M. Noerhadi Sudjoni



Supported by: