EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL)

Muhammad Sholikhudin

Abstract


 

Mengingat arti pentingnya tanah bagi kelangsungan hidup masyarakat maka diperlukan pengaturan yang lengkap dalam hal penggunaan, pemanfaatan, pemilikan dan pembuatan hukum yang berkaitan dengan hal tersebut. Dipilihnya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebagai objek penelitian karena program ini bertujuan untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum Hak atas Tanah masyarakat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan ekonomi negara, serta mengurangi dan mencegah sengketa dan konflik pertanahan.

Penelitian ini membahas tentang: 1) Bagaimana proses pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kalipuro Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto? 2) Bagaimana Efektivitas Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kalipuro Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto?.

Secara metodologis, penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan peneliti terjun langsung ke kancah penelitian atau di tempat fenomena terjadi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kalipuro Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto belum efektif, masih ada beberapa kendala-kendala yang terjadi dan minimnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan sehingga masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya program tersebut. Hal ini yang mengakibatkan sertipikat tanah belum seluruhnya diserahkan kepada masyarakat. Untuk saat ini sudah ada 1.730 sertifikat tanah yang diberikan, dan masih ada 200 lagi sertifikat tanah yang belum selesai dan 53 status tanah yang belum valid

 

Kata Kunci   :   Efektivitas, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

 


Full Text:

PDF

References


Bambang Sungono, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi.Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, 2009, Cetakan X

Jayadi Setiabudi, Panduan Lengkap Mengurus Tanah Rumah Serta Segala Perizinannya, Yogyakarta : Buku Pintar, 2013

Mukti Fajar ND dan Yulianto Achmad, Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris,Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010

Mustofa, H. Suratman, Penggunaan Hak Atas Tanah Untuk Tanah Industri, Jakarta: Sinar Grafika, 2013

S. Nasution, Metode Reseach (Penelitian Ilmiah )-Ed 1. Cet. 6, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat, Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.