PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL ANAK PADA GENERASI MILLENIAL (STUDI KASUS DI RT 03 RW 16 DESA TEMBOKREJO MUNCAR BANYUWANGI)

Fella Zulfa Zaein, Mohammad Afifulloh, Devi Wahyu Ertanti

Abstract


Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan posisi orang tua dalam membina kemampuan spiritual anak-anak pada generasi milenial di Rt 03 Rw 16 Tembokrejo Muncar Banyuwangi, untuk menggambarkan strategi orang tua dalam membina kekuatan spiritual anak-anak pada generasi milenial di Rt. 03 Rw. 16 Tembokrejo Muncar Banyuwangi, Untuk menggambarkan faktor-faktor penghambat orang tua dalam membina kecerdasan spiritual anak-anak pada generasi milenial pada Rt 03 Rw 16 Tembokrejo Muncar Banyuwangi. Dalam melakukan penelitian ini pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa peran orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual anak pada generasi milenial, yaitu peran panutan, pendidik, motivator, dan pengasuh. Strategi orang tua untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak adalah menumbuhkan kecintaan kepada Tuhan dan para rasul-Nya, menumbuhkan perilaku prososial pada anak, orang tua menjadi panutan yang baik bagi anak. Faktor penghambat itu sendiri ada dua yaitu faktor internal dan eksternal.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan (2012) Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo: Insan Kamil

Afifulloh, M. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Pengetahuan Sosial ,1(1), 25-26. http://riset.unisma.ac.id/index.php/je

Ahmadi, Rulam. (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Akhmat Muhaimin Azzet (2010) Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak, Jogjakarta: Kata Hati

Ali, H., & Lilik Purwandi (2017) Millennial Nusantara Pahami Karakternya, Rebut Simpatinya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lawrence E. Shapiro (1997) Mengajarkan Emotional Intelligent Pada Anak, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Nggermanto Agus, (2002) Quantum Quotient: Kecerdasan Quantum Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, Dan SQ Yang harmonis, Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Sukidi (2004) Kecerdasan Spiritul, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Yusuf, Muri (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. PT Fajar Interpranata Mandiri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License