ANALISIS TINGKAT KESULITAN (DIFFICULTY LEVEL) SOAL PADA BUKU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KURIKULUM 2013

R. Ahmad Nur Kholis

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi tingkat kesulitan soal yang disajikan dalam bab 1 dan 2 Buku Guru Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 8 (delapan) yang diterbitkan oleh Kemente-rian Agama tahun 2015. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah soal pada pembahasan tentang: (1) Jejak Peradaban Dinasit Abbasiyah; dan (2) Kecemerlangan Ilmuwan Muslim Dinasti Abbasiyah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua) yaitu: (1) Analisis statistik deskriptif atau yang disebut juga dengan statistik sosial; (2) Teknik analisis proporsi menjawab benar dalam analisis tingkat kesukaran (difficulty level). Hasil analisis menunjukkan bahwa soal pada kedua pembahasan dalam buku SKI tersebut disajikan dengan proporsi: (1) 25% soal dalam kategori mudah; (2) 35% soal dalam kategori sedang; dan (3) 40% soal dalam kategori sulit (sukar).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi & Jabar, Cepi Safrudin. 2014. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis bagi Mahasiswa dan Praktisi Penidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chairawati, Fajri. 2014. Evaluasi Pembelajaran pada Kelas Internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry. Dalam: Jurnal Al-Bayan. Vol. 20, No. 29. Januari-Juni 2014. (hal: 16-32)

Dokumen Kurikulum 2013. 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ibrahim, R. & Ali, M. 2007. Teori Evaluasi Pendidikan. Dalam: Ali, M., Ibrahim, R., Sukmadinata, N.D., Sudjana, D., & Rasjidin, W. (ed). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama (Hal.: 103-124)

Ihsan, Hamdani & Ihsan, Fuad. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Aneka

Kartowagiran, Badrun. 2014. Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 (Makalah disampaikan pada: Pelatihan Penilaian Otentik Bagi Guru SMP di Wonosari yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013, pada 29 Agustus 2014). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan menengah

Nuriyah, Nunung. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Dalam: Jurnal Edueksos, Vol.: 03 No 1, (hal:73-86)

Rasyid, Harun & Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.

Ritzer, George (ed). 2001. Handbook Teori Sosial. Jakarta: Nusamedia

Siskandar. 2016. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. Dalam: Cendekia, Vol: 10, No.: 2. (hal:117-132).

Wening, Sri. 2012. Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.