PERAN WANITA KARIR DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL

Anisa Dwi Makrufi

Sari


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran wanita karir dalam Islam, khususnya pendidikan Islam di era digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sumber pustaka dengan pendekatan analitis dan investigasi. Di dalam sebuah keluarga, seorang wanita memiliki peran sentral dalam pendidikan Islam. Saat ini, banyak wanita memilih berkarier di luar rumah mereka dan di dalam Islam itu diperbolehkan. Sejarah mencatat beberapa wanita yang menjadi istri Nabi juga menjadi wanita karir. Islam memberikan motivasi yang kuat bagi perempuan untuk menjalankan karir mereka di bidang apapun sesuai dengan sifat dan martabat mereka tanpa meninggalkan tugas mereka sebagai ra'iyah fi baiti zaujiha (orang yang bertanggung jawab atas masalah internal rumah tangga). Peran seorang wanita karir di bidang pendidikan Islam adalah sebuah tantangan terlebih di era digital seperti saat ini. Prinsip tauhid merupakan prinsip yang utama dalam pendidikan Islam di masa kini. Keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan, mencakup segala hal dan Maha mempunyai Kekuatan Mutlak. Singkat kata, semestinya era digital akan membawa manusia ke dalam keadaan di mana mereka kembali lebih taat dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Wanita karir juga memiliki kesempatan dalam mengoptimalkan peran mereka untuk mengangkat nilai tauhid ini, khususnya dalam pendidikan di lingkungan keluarga mereka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Zainal bin Syamsuddin (2015). 101 Cara Mudah Mendidik Keluarga. Jakarta: Pustaka Imam Bonjol.

Asmawati (2014), Kala Anak Benci Orangtuanya. Majalah Ummi No.10 (XXVI).

Aziz, Abdul bin Abdullah bin Baaz (1994). Fatwa-fatwa Kewanitaan. Jakarta : CV. Firdaus.

Azra, Azyumardi (1999). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Basiron, Bushrah (2006). Wanita Cemerlang. Johor Baru: Universitas Teknologi Malaysia.

Depdikbud, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (cet.I edisi 4). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Geumala, Meutia (2014). Bekerja antara Manfaat dan Tantangan. Majalah Ummi No.4 (XXVI).

Halim, Abdul Abu Syuqqah (1999). Kebebasan Wanita Jilid 2, Terj. Chairul Hallim, Judul Asli: Tahriri al-Mar?ah f? Asral-Risalah. Jakarta: Gema Insani Press.

Hudzaifah, Abu Ath-Thalibi (2011). 30 Inspirasi Keluarga Harmonis. Solo: Zamzam.

Iklima (2014). E-Journal Ilmu Sosiatri. Peran Wanita Karir dalam Melaksanakan Fungsi Keluarga (Studi Kasus PNS Wanita yang telah Berkeluarga di Balai Kota Bagian Humas dan Protokol Samarinda). Volume 2 Nomor 3, 77-89.

Junaidi (2009). Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah Dalam Keluarga Karir (Studi Pada Dosen Wanita Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ). Tesis. Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mahmudah, Siti. Peran Wanita Karier dalam Menciptakan Keluarga Sakinah.

Muhammad, Mahmud Al-Jauhari dan Muhammad Abdul hakim Khayyal (2005). Membangun Keluarga Qur?ani: Panduan Untuk Wanita Muslimah. Jakarta: Amzah.

Muriah, Siti (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karier. Semarang: Rasail Media Group.

Mutmainnah, Nina Armando (2016). Mencari Situs Ramah Anak. Majalah Ummi No.5 (XXVIII).

Nunuk, A. dan P. Murniati (2004). Getar Gender: Buku Kedua. Magelang: Perpustakaan Nasional RI Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Puspitawati, Herein dan Sri Rahmawati (2014). Menuju Keseimbangan Dua Dunia. Majalah Ummi No.4 (XXVI).

Robinson, L.C dan Blanton, P. W. (2003). Journal of Family Relations, Material Strengths In Enduring Marriages. Volume 42, 38-4.

Santosa, Elisabeth (2016). Era Digital, Orangtua Butuh Ilmu Agar Tak Salah Mendidik Anak, http://edupost.id/parenting/era-digital-orang-tua-butuh-ilmu-agar-tak-salah-mendidik-anak/.

Shihab, Muhammad Quraish (2007). Wawasan Al Quran: Tafsir Maudhui atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.

Sholehudin (2011). Peran Wanita Dalam Masyarakat Pedesaan (Studi Partisipasi Isteri Dalam Memenuhi Kebutuhan Dasar Rumah Tangga Petani Di Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo). Skripsi. Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah (2016). Bersama Keluarga Masuk Surga. Tangerang: STDIIS Press.

Yusna, Suzy Dewi (2013). Mengenal Tumbuh Kembang. Majalah Ummi No.1 (XXV).

Zayadi, Ahmad (2006). Manusia dan Pendidikan, Telaah Teosentris Filosofis. Bandung: Pusat Studi Pesantren dan Madrasah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.