KORELASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA

Ariyani Muljo

Sari


Abstrak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif, dan untuk melihat berapa besar persentase korelasi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA N 1 Kejuruan Muda. Teknik sampel dalam penelitian iniĀ  yaitu Purposive Sampling. 11 siswa dari 30 siswa memiliki kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, 2 soal kecerdasan visual spasial dengan 4 indikator (pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola), 2 soal kecerdasan logis matematis dengan 6 indikator (klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran induktif, membentuk hipoesis dan mengecek kembali) dan 2 soal kemampuan berpikir kreatif dengan 4 indikator (berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, kemampuan mengelaborasi). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis, uji-t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan Deviation from linierity antara variabel bebas dengan variabel terikat lebih besar dari taraf siginikansi 0,05 yang berarti data bersifat linier. Nilai ry1y2 = 0,582 hubungan positif yang sedang antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif, dengan koefisien determinasi yaitu 58,20% Jadi, besar persentase hubungan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda yaitu 58,20%.

Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Logis dan Kemampuan Berpikir Kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.