Evaluasi Efek Campuran Fipronil dan Diafentiuron dalam Mengendalikan Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura Fabricius) Pada Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L.)

Authors

  • Indah Nurazizah Fakultas Pertanian UNiversitas Islam Malang
  • Abdul Basit
  • Indiyah Murwani
  • Heri Prabowo

DOI:

https://doi.org/10.33474/folium.v1i1.1007

Abstract

Salah satu hama utama pada tanaman tembakau adalah ulat grayak (Spodoptera litura Fabricius). Di kalangan petani, dalam pengendalian hama ini banyak ditemui perilaku pencampuran bahan aktif pestisida yang berbeda. Namun, penelitian terkait tentang pencampuran pestisida ini belum banyak dilakukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pengaruh pencampuran antara bahan aktif fipronil dan diafentiuron terhadap mortalitas dan efek lanjutan hama tanaman tembakau S. litura. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara bahan aktif fipronil dan diafentiuron terhadap efek lanjutan larva S litura menghasilkan efek campuran yang aditif.  Oleh karena itu sebaiknya antara kedua bahan aktif tersebut tidak dilakukan pencampuran. Campuran antara fipronil dan diafentiuron secara signifikan tidak memberikan pengaruh dalam meningkatkan toksisitas, karena tanpa dilakukan pencampuran kedua bahan aktif tersebut dapat mengendalikan hama S. litura dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Lethal Concentration (LC) yaitu LC 10, 15 dan 25 pada fipronil lebih rendah dibandingkan diafentiuron, yang berarti bahwa pestisida berbahan aktif fipronil memiliki toksisitas lebih tinggi dibandingkan diafentiuron. Hasil ini menyarankan bahwa pestisida bahan aktif fipronil lebih efektif dalam meningkatkan mortalitas S. litura.

Kata Kunci : Spodoptera litura, mortalitas, pestisida kimia, fipronil, diafentiuron

References

Abou-Taleb., H.K, Hamdy., A.A. Barrania, and M.A. Attia. 2015. Comparative effectiveness of fipronil and other insecticide treatments against cotton leafworm and role of two detoxification enzymes. Alexandria Science Exchange Journal. 36 (4) : 342-348.

Ahmad, M., M.A, Saleem., and A.H, Sayyed. 2009. Efficacy of insecticide mixture against pyrethroid- and organophosphate-resistant populations of Spodoptera litura (Lepidoptera: Noctuidae). Pest Management Science. 65 (3) : 266-274.

Amir, A. M. 2009. Pemantauan resistensi hama tembakau terhadap insektisida balai penelitian tanaman tembakau dan serat Malang. Jurnal Ilmiah Tanaman Tembakau 8(3):376–380.

Amir, A.M dan H. Prabowo. 2011. Hama Tanaman Tembakau. Monograf Balittas Tembakau Virginia Hal.81-96.

Anonim. 2017. Fipronil. https://en.wikipedia.org/wiki/Fipronil. 20 Desember 2017.

Farenhorst, Marit, B. G. J. Knols, M. B. Thomas, A. F. V. Howard, W. Takken, M. Rowland, R. N’Guessan. 2010. Synergy in efficacy of fungal entomopathogens and permethrin against west african insecticide-resistant anopheles gambiae mosquitoes. Synergy Fungi & Permethrin. 5(8) : 1-10.

Koperasi Ditjen PSP. 2004. Pestisida Untuk Pertanian dan Kehutanan. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Pracaya. 2008. Pengendalian Hama & Penyakit Tanaman secara Organik. Penerbit Kanisius.

Downloads

Published

2017-08-25

How to Cite

Nurazizah, I., Basit, A., Murwani, I. and Prabowo, H. (2017) “Evaluasi Efek Campuran Fipronil dan Diafentiuron dalam Mengendalikan Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura Fabricius) Pada Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L.)”, Folium : Jurnal Ilmu Pertanian, 1(1), pp. 48–56. doi: 10.33474/folium.v1i1.1007.