KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN EFISIENSI PEMAHAMAN MAKNA KOSAKATA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN WALISONGO JOMBANG

العلاقة بين كفاءة حفظ القرآن وفهم معانى المفردات العربية للآيات الـمحفوظة في معهد والى صانغا الإسلامي جومبانج

Authors

  • Munfa'ati El Zamzama Universtas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33474/fsh.v3i1.19148

Abstract

Salah satu komponen utama bahasa Arab adalah kosa kata karena bahasa merupakan rangkaian kosa kata. Begitu juga dengan Al-Qur'an yang ayat-ayatnya merupakan rangkaian kosa kata sehingga penghafal Al-Qur'an lebih mudah untuk dihafal jika menguasai kosa kata tersebut dengan baik. Dapat dikatakan bahwa hafiz memiliki salah satu aset terpenting dalam menghafal Al-Qur'an, yang akan mengarahkan hafiz Al-Qur'an untuk memahami maknanya sehingga membuat ayat-ayat tersebut terjebak dalam ingatan untuk jangka waktu yang lebih lama dari pada yang lain. hanya menghafal tanpa. Tahu artinya sama sekali. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Walisongo Jombang (2) Bagaimana efisiensi hafalan Al-Qur’an Pemahaman makna kosakata dari ayat-ayat yang dihafal oleh santri Pondok Pesantren Walisongo Jombang (3) Bagaimana hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan efisiensi pemahaman makna kosakata pada santri Pondok Pesantren Walisongo Jombang?

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah: Peneliti disini menggunakan metode kuantitatif. Prosedur pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan observasi awal di Pondok Pesantren Walisongo Jombang. Kemudian peneliti mengembangkan sistem alat tes, angket dan wawancara. Alat tes dan angket akan dibagikan kepada Serta melakukan wawancara dengan mahasiswa dan dosen untuk menyempurnakan penelitian.

                        Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan kosa kata di Pondok Pesantren Walisongo Jombang dengan hasil uji korelasi Spearman sebesar 0,863 (positif), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel X dan Y.

Kata Kunci: Kosa Kata, Bahasa Arab.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles