HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH “MUALLIMAT” JOMBANG
ارتباط الرغبة على انجاز تعلم اللغة العربية لطالبات الفصل الحادي عشر بقسم الدين في المدرسة العالية الإسلامية الأهلية " معلمات" جومبانج
DOI:
https://doi.org/10.33474/fsh.v3i1.19264Abstract
ABSTRAK
Aspek yang sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan sebuah proses belajar adalah minat. Minat sendiri juga merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Selama ini kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab di MAPM Cukir berlangsung dengan baik, dan terlebih lagi basic atau latar belakang dari MAPM Cukir adalah pesantren yang kental akan pembelajaran agama termasuk pada mata pelajaran bahasa Arab, dan terlebih juga khususnya di kelas Agama. Akan tetapi tidak semua siswa menaruh minat yang tinggi pada mata pelajaran tersebut. Tinggi rendahnya minat belajar siswa akan sangat berpengaruh terhadap prestasi yang akan diraih
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dokumentasi dan observasi yang kemudian dianalisis dengan cara: Mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, Mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, Menyajikan data tiap variabel yang diteliti, Melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan Melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam menyimpulkan hipotesis yaitu menggunakan rumus uji korelasi spearman Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1)Minat belajar bahasa Arab Kelas XI Jurusan Agama di MAPM Cukir rendah, 2)Nilai rapot Bahasa Arab kelas XI Jurusan Agama di MAPM Cukir tidak menentukan minat siswa dalam prestasi belajar Bahasa Arab, 3) Tidak terdapat hubungan antara minat dan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa.
Yang peneliti asumsikan adalah bahwa keinginan siswa untuk belajar bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar dengan menggunakan uji korelasi Spearman “uji korelasi spearman” dari tabel menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi (sig) sebesar 0,747 lebih besar dari 0,05, jika nilai signifikasi lebih dari 0,05 maka artinya tidak berkorelasi.
Kata kunci: Minat, Prestasi Belajar Bahasa Arab