Penggunaan Metode Dirosa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Authors

  • Umi Nasikhah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.10067

Abstract

Setiap umat Islam mempunyai kewajiban untuk belajar membaca al-Qur’an dan mengajarkannya. Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas terus berupaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca al-Qur’an dengan metode pembelajaran al-Qur’an yang tepat. Fokus Penelitian ini adalah apasaja metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran al-Qur’an yang digunakan di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas adalah metode Dirosa (dirasah orang dewasa). Metode Dirosa adalah pola pembinaan al-Qur’an dan dasar-dasar keislaman yang dikelola secara sistematis, berjenjang dan berlangsung terus-menerus yang dirancang khusus bagi orang dewasa.

 

References

Ma’mun, Muhammad Aman. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Annaba: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No. 1 Maret 2018.

Maunah, Binti. (2009). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: Teras.

Nata, Abudin. (1992). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Herlina. (2017). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Akhlak dan Moral Pada Anak Usia Dini. Proseding. PPs Universitas PGRI Palembang

Farkhan, Muhammad. (2019). Penerapan Metode Iqro’ Pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Kelas IV MI Islam Kartasura. Skripsi. Surakarta: IAIN Surakarta.

Khon, Abdul Majid. (2007). Praktikum Qira’at Keanehan Membaca Alquran Qira’at Ashim dari Hafash.

Komari dan Sunarsih, (2015). Panduan Pengelolaan dan Pengajaran Dirosa. Cet. III; Bogor: Yayasan Cita Mulia Mutiara.

Komari dan Sunarsih, (2017). Dirosa (Cet. XXXXIV; Bogor: Yayasan Citra Mulia Mutiara

Kurdi, Syuaib & Abdul Aziz. (2012). Model Pembelajaran Efektif BTA berdasarkan Teori dan Praktek. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lutfi, Ahmad. (2004). Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits, Jakarta : Departemen Agama RI.

Ismail, Abdul Mujib dan Maria Ulfah Nawawi, (1995). Pedoman Ilmu Tajwid, Surabaya. Karya Aditama.

Downloads

Published

2021-05-16

How to Cite

Nasikhah, U. (2021). Penggunaan Metode Dirosa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.10067

Issue

Section

Articles