MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI TPQ AL FITHRAH SURABAYA

Authors

  • Muhammad Nur Ridho Waliden STAI Al Fithrah Surabaya Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.11488

Abstract

Curriculum development model is a model used to develop a curriculum, curriculum development is needed to improve or perfect a curriculum that is made to be developed by itself from the central government, local government or schools. During this covid-19 pandemic, the government issued a new regulation related to health which aims to prevent the spread of covid-19, the impact of the regulation on education is the closure of schools, and learning is done from home online. No exception at TPQ Al Fithrah Surabaya, learning the Koran which should be carried out in a mushofahah or face to face, but because it complies with government regulations so at TPQ Al Fithrah Surabaya learning is carried out online. The purpose of this study is that the author wants to know how the curriculum model is applied at TPQ Al Fithrah, as well as the author hopes that the results of this research can be a learning solution at TPQ Al Fithrah. The method used by the author is through interviews with the curriculum section at TPQ Al Fithrah Surabaya.

 

Keywords: Curriculum model, Islamic education, Covid-19 pandemic

 

Abstrak

 

Model pengembangan kurikulum adalah model yang digunakan untuk mengembangkan suatu kurikulum, pengembangan kurikulum dibutuhkan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kurikulum yang dibuat untuk dikembangkan sendiri baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah ataupun sekolah. Dimasa pandemi covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan peraturan baru terkait Kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19, dampak dari peraturan tersebut terhadap Pendidikan yaitu ditutupnya sekolah-sekolah, dan pembelajaran dilakukan dari rumah secara online. Tidak terkecuali di TPQ Al Fithrah Surabaya, pembelajaran mengaji yang seharusnya dilaksanakan secara mushofahah atau tatap muka, akan tetapi karena mematuhi peraturan pemerintah sehingga di TPQ Al Fithrah Surabaya pembelajarannya dilaksanakan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana model kurikulum yang diterapkan di TPQ Al Fithrah, sekaligus penulis berharap semoga hasil penelitihan ini bisa menjadi solusi pembelajajaran di TPQ Al Fithrah. Metode yang digunakan oleh penulis adalah melalui wawancara kepada bagian kurikulum di TPQ Al Fithrah Surabaya.

 

Kata Kunci: Model kurikulum, Pendidikan Islam, Pandemi Covid-19

References

Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Pratik. Ar RUZZ: Jogjakarta.

Fauzi, Mahfud, https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/cerita-santri/3-model-pembelajaran-di-masa-pandemi-1tgecDPpRzQ, diakses pada 24 Desember 2020, pada jam 21.43.

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Hasil wawancara dengan pengurus TPQ Al Fithrah pada 22 November 2020 jam 16.00.

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2018. “Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi Dan Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Ibadah.†Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 2(1):58–74.

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2019. “Model Pendidikan Karakter Sepenuh Hati Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.†Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 1(2):19–28. doi: 10.33474/ELEMENTERIS.V1I2.4972.

Nana Syodih, Sukmadinata. 2005. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Pratek. Remaja Rosdakarya: Bandung

Niken, Sasanti Y., Model-Model PengembanganKurikulum dan Pelaksanaannya | Bilik Kata (wordpress.com), diakses pada 23 Desember 2020 jam 20.00.

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Brosur Pendaftaran santri baru pondok pesantren assalafi Al Fithrah Surabaya, halaman 12.

Zainal, Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 2011.

Downloads

Published

2021-11-22

How to Cite

Waliden, M. N. R. (2021). MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI TPQ AL FITHRAH SURABAYA. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 17–26. https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.11488

Issue

Section

Articles