IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI KONTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SMAN 8 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.12845Abstract
The Covid 19 pandemic has forced all levels of education to switch from the conventional education system to online-based education. Unfortunately in the online learning process we found a lack of student responsibility towards attendance, learning attendance and learning activities during the online learning process. Therefore, learning strategies and methods need to be prepared to increase students' sense of responsibility. In this case we use a constructivist demonstrative method. The purpose of this research is to form the character of students who are independently responsible for their duties and roles as students. This research was conducted at SMAN 8 Malang. The results of this study indicate that the constructivist demonstrative method is suitable to be applied in increasing students' sense of responsibility independently.
Keywords: education, demonstration method, constructivist
Abstrak
Pandemi Covid 19 memaksa semua jenjang pendidikan beralih dari sistem pendidikan konvensional ke pendidikan berbasis online. Sayangnya dalam proses pembelajaran online kami menemukan kurangnya tanggung jawab siswa terhadap kehadiran, kehadiran belajar dan kegiatan belajar selama proses pembelajaran online. Oleh karena itu, strategi dan metode pembelajaran perlu disiapkan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Dalam hal ini kami menggunakan metode demonstratif konstruktivis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab secara mandiri terhadap tugas dan perannya sebagai siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstratif konstruktivis cocok diterapkan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa secara mandiri.
Kata Kunci: pendidikan, metode demonstrasi, konstruktivistik
References
Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2019. ‘MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEPENUH HATI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH’, Elementeris, 1.2.
Sa’dullah, Anwar, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2020. ‘Design of Improving The Quality of Human Resources Based on Islamic Schools in Anak Saleh Foundation, Malang City’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3.2: 260–72 <https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.740>.
http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-pembelajaran-konstruktif/diakses pada tanggal 11 Juli 2020.
Siregar, Marasuddin. 2003. Metodologi Pengajaran Agama MPA, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Usman, M.Basyiruddin. 2002. Metedologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Jogjakarta: Kanisius.
Dewi Fatma,2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di sekolah dasar. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana. Hal 55-61,vol. 2 no 1.
Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.