IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI KONTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SMAN 8 MALANG

Authors

  • Anisa Tri Ahbatul Universitas Islam Malang
  • Farha Qonita Universitas Islam Malang
  • Siti Mukaromah Universitas Islam Malang
  • Nurul Ita Syamsiyah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.12845

Abstract

The Covid 19 pandemic has forced all levels of education to switch from the conventional education system to online-based education. Unfortunately in the online learning process we found a lack of student responsibility towards attendance, learning attendance and learning activities during the online learning process. Therefore, learning strategies and methods need to be prepared to increase students' sense of responsibility. In this case we use a constructivist demonstrative method. The purpose of this research is to form the character of students who are independently responsible for their duties and roles as students. This research was conducted at SMAN 8 Malang. The results of this study indicate that the constructivist demonstrative method is suitable to be applied in increasing students' sense of responsibility independently.

Keywords: education, demonstration method, constructivist

Abstrak

Pandemi Covid 19 memaksa semua jenjang pendidikan beralih dari sistem pendidikan konvensional ke pendidikan berbasis online. Sayangnya dalam proses pembelajaran online kami menemukan kurangnya tanggung jawab siswa terhadap kehadiran, kehadiran belajar dan kegiatan belajar selama proses pembelajaran online. Oleh karena itu, strategi dan metode pembelajaran perlu disiapkan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Dalam hal ini kami menggunakan metode demonstratif konstruktivis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab secara mandiri terhadap tugas dan perannya sebagai siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstratif konstruktivis cocok diterapkan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa secara mandiri.

Kata Kunci: pendidikan, metode demonstrasi, konstruktivistik

References

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2019. ‘MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEPENUH HATI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH’, Elementeris, 1.2.

Sa’dullah, Anwar, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2020. ‘Design of Improving The Quality of Human Resources Based on Islamic Schools in Anak Saleh Foundation, Malang City’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3.2: 260–72 <https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.740>.

http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-pembelajaran-konstruktif/diakses pada tanggal 11 Juli 2020.

Siregar, Marasuddin. 2003. Metodologi Pengajaran Agama MPA, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo

Usman, M.Basyiruddin. 2002. Metedologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Jogjakarta: Kanisius.

Dewi Fatma,2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di sekolah dasar. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana. Hal 55-61,vol. 2 no 1.

Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2021-08-17

How to Cite

Ahbatul, A. T., Qonita, F., Mukaromah, S., & Syamsiyah, N. I. (2021). IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI KONTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SMAN 8 MALANG. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.12845

Issue

Section

Articles