PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PRO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DIPONEGORO JATIKERTO MALANG

Authors

  • Siti Muawanatul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Dana May Syaroh Cahya Ningrum Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v4i1.17645

Abstract

The background of this research is to improve the learning achievement of 7th grade students at Madrasah Tsanawiyah Diponegoro Jatikerto Malang. With the use of existing technology media at this time which has developed can help attract students' interest in learning well. And supported by adequate school facilities. As for the formulation of the problem studied by the researcher, how is the application of interactive learning media based on Ispring Pro in 7th grade students of Mts Diponegoro Jatikerto Malang?, how is the influence of ispring pro-based interactive learning media on the learning achievement of 7th grade students at Mts Diponegoro Jatikerto Malang? While the aim is to find out the application of ispring pro-based interactive learning media to 7th grade students of Mts Diponegoro Jatikerto Malang, to determine the effect of ispring pro-based interactive learning media on the learning achievement of 7th grade students of Mts Diponegoro Jatikerto Malang. The type of research used is quantitative research, namely research that has data related to numbers both obtained from measurements and from the value of existing data, this study uses questionnaires and documentation research instruments. The results of the study indicate that through interactive learning media based on Ispring Pro, it is proven to be able to improve student learning achievement. With an average result of 82 for class 7a and an average of 74 for class 7b. That the two classes showed a large enough interest in the use of learning media. Then do the calculations with the application of IBM SPSS V 26, obtained the amount of value that has been calculated by knowing the result is 0.05 with the provisions of the result <0.05 then ho is rejected and ha is accepted. There was a significant increase between the two classes after the implementation of the ispring pro-based interactive learning media in the 7th grade Islamic cultural history subject at Madrasah Tsanawiyah Diponegoro Jatikerto Malang.

Keywords: Interactive learning media, ispring pro, student achievement


Abstrak

Penelitian ini dilator belakangi untuk meningkatkan prestasi belajar para peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Diponegoro Jatikerto Malang. Dengan pemanfaatan media teknologi yang ada pada saat ini yang telah berkembang dapat membantu menarik minat belajar peserta didik dengan baik. Dan didukung dengan fasilitas sekolah yang telah memadahi. adapun rumusan masalah yang ditelitih oleh peneliti adalah bagaimana penerapan media pembelajaran interakti berbasis ispring pro pada siswa kelas 7 Mts Diponegoro Jatikerto Malang?, bagaimana pengaruh media pemebelajaran interaktif berbasis ispring pro terhadap prestasi belajar siswa kelas 7 Mts Diponegoro Jatikerto Malang? Sedangkan tujuannya untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring pro pada siswa kelas 7 Mts Diponegoro Jatikerto Malang, untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis ispring pro terhadap prestasi belajar siswa kelas 7 Mts Diponegoro Jatikerto Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang memiliki data-datanya yang berhubungan dengan angka-angka baik diperoleh dari pengukuran maupun dari nilai suatu data yang ada, penelitian ini menggunakan instrumen penelitian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa melaui media pembelajaran interaktif berbasis ispring pro terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan hasil rata-rata 82 untuk kelas 7a dan rata-rata 74 untuk kelas 7b. Bahwasannya kedua kelas tersebut menunjukan ketertarikanya dalam penggunaan media pembelajaran cukup besar. Kemudian dilakukannya perhitungan dengan aplikasi IBM SPSS V 26, diperoleh besarnya nilai yang telah dilakukannya perhitungan dengan diketahui hasil 0,05 dengan ketentuan hasil <0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Terdapat peningkatan yang cukup signiikan diantara kedua kelas setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif berbasis ispring pro pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Diponegoro Jatikerto Malang. 

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, ispring pro, prestasi belajar siswa

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center . http://repository.iainpare.ac.id/1639/1/Belajar Dan Pembelajaran.pdf

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan ... - Nikolaus Duli - Google Books. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=A6fRDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2017). Improving Students’ Learning With Effective Learning Techniques: Promising Directions From Cognitive and Educational Psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 4–58. https://doi.org/10.1177/1529100612453266

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Media Pembelajaran . Tahta Media Group.

Hidayatullah, M. F., Firdausi, M. A., Hanafi, Y., & Ismail, Z. (2021). THE DIALECTICS OF RELIGIOUS AND CULTURAL LIBERALISM IN THE TRANSCULTURAL ERA. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 23(2), 273–288. https://doi.org/10.18860/EH.V23I2.13956

Isti’adah, F. N. (2020). Teori – Teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher.

Juraev A. R. (n.d.). Using The Ispring Sui Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Te Future Teachers’ Professional Competencies.

Kamal, M. (2014). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIOLOGI KRITIS, KREATIVITAS, DAN MENTALITAS. Jurnal Madaniyah, VII(II).

Lestari, N. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN Berbasis MULTIMEDIA Interaktif - MEDIA PEMBELAJARAN Berbasis MULTIMEDIA Interaktif - Google Books. Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=Rsr5DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Mariyana, R., Nugraha, A., & Racmawati, Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Rajawali Press.

Rosanti, S., Hamdani, N. A., & Maskur, M. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Ispiring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Offering Help di Sekolah Menengah Atas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 5(1). https://doi.org/10.31980/TP.V5I1.809

Sanjaya, Wi. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan . Prenadamedia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1146639

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Grup.

Wibawanto, T., Pengembang, S., Pembelajaran, T., Muda, A., Provinsi, L., Sudah, L., Pjj, M., Fauzan, Arifin, F., Verawati, & Desprayoga. (2021). Memaksimalkan Pembelajaran Disaat Pandemi Melalui Hybrid Learning Dengan Portal Rumah Belajar. Seminar Nasional Profesionalisme Guru Di Era Digital, 2(November 2017), 999–1015.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group. https://core.ac.uk/download/pdf/227425718.pdf

Downloads

Published

2022-03-08

How to Cite

Hasanah, S. M., & Ningrum, D. M. S. C. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PRO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DIPONEGORO JATIKERTO MALANG. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 4(1), 45–59. https://doi.org/10.33474/ja.v4i1.17645

Issue

Section

Articles