PERAN GURU PENDIDIKAN AGAM ISLAM DALAM PEMBINAAN AHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL – AZHAR PAGELARAN
DOI:
https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.4964Abstract
Abstract
Education is a very important thing in human life. When talking about education, it is inseparable about education personnel called teachers. Therefore in this study discussed about the role of teachers of Islamic religious education which is basically a forum for fostering student morals when the students are in the school environment. This study uses qualitative methods that basically collect data from interviews, observations, and observations. With this method it is considered very good for this research so that it can answer the problem. The teacher at this school is very cooperative in improving student morals both at school and outside school.
Â
Keyword: Role, Teacher Islamic Education, Moral Development
Â
Abstrak
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ketika bicara tentang pendidikan, tak dapat dipisahkan tentang tenaga pendidikan yang disebut dengan guru. Oleh sebab itu dalam penlitian ini dibahas tentang peran guru pendidikan agama islam yang dasarnya adalah untuk wadah membina akhlak siswa ketika siswa tersebut dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pada dasarnya mengumpulkan data dari wawancara, pengamatan, dan observasi. Dengan metode tersebut dirasa sangat baik untuk penelitian ini sehingga dapat menjawab permasalahan. Guru disekolah ini sangat kooperatif dalam meningkatkan akhlak siswa baik ketika di sekolah amupun diluar sekolah.
Â
Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Pembinaan Akhlak
Â
References
Majid, Abdul dan Dian andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Abdul Wahid Hasan. 2006. SQ Nabi Aplikasi strategi di masa kini. Yogyakarta: IRCioD
Ahmadi, Ahmad. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Spititual Bagi Anak. Cet,I, Jogjakarta: Katahati
Burzan, Tony. 2003. cara menjadi orang yang cerdas spiritual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Derajat, Zakia. Dkk. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Cet.I, Yogyakarta: C.V Andi Offset
Fuaidi, Nur. 2012. Profesional Guru. Purwokerto: STAIN Press
Lubna. 2009. Mengurangi Ilmu Pengetahuan Islam. Mataram: LKIM
Ihsan, fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Cet.III, Jakarta: Rineka Cipta
Idrus, Muhamad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Cet. II, Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama
Maleong, J Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Marshall dan Zohar. 2002. Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan
Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Nurdin, Muhammad. 2009. Kiat Menjadi Guru Profesiona. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grub
Sukidi. 2004. Kecerdasan Spiritual SQ Lebih Penting Dari Pada IQ dan EQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Steven J. Stein dan Howard E. Book. 2002. Ledakan EQ 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung: Kaifa
Syaifudin sa’ududin. 2008. Pengembangan Profesi Guru. Cet.II, Bandung
http://Pendidikanku.org/2016/09pengertian-kecerdasan-dan-macam-macam.html?m= 1 (Diakses pada tanggal 3-02-2019 pukul 09.00)
http://kbbi.web.id/upaya.dedipnas,2008. (Dikutip pada tanggal 28-1-2019 pukul 10.00)