Asas Psikologis dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Hasan Langgulung

Authors

  • Suminto Suminto IAIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.4976

Abstract

Abstract

The psychological principle of Islamic education becomes very important in its own, considering it can be understood as the truth that is a foothold or basic thinking, both in the planning, implementation, or evaluation of education based on the theories of psychology. In addition, understanding the education in it also contains principles as a place and an upright footing, upright in matter, upright in interaction, upright in innovation, or upright in dreams. The type of research used is library research. The analysis of content or content analysis is used as a method of analysis in this study. The results of this study contained the basic concept of psychological in Islamic education according to Hasan Langgulung and the implications of the basic psychological concept in the education of Islamic agam. Therefore, in the process of education should pay attention to the development of the soul, as well as the physical growth of the students by referring to the basis, objectives, curriculum, materials, and evaluation that brings human function as ' abid and the fil decorated with righteous charity.

Keywords: Principles Of Psychological, Islamic Education, Hasan Langgulung


Abstrak

Asas psikologis dalam pendidikan Islam menjadi sangat penting keberadannya, mengingat dapat difahami sebagai kebenaran yang menjadi pijakan atau dasar berpikir, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi  pendidikan yang berdasarkan atas teori- teori dari psikologi. Selain itu, memahami pendidikan di dalamnya juga terdapat asas-asas sebagai tempat dan pijakan yang tegak, tegak dalam materi, tegak dalam interaksi , tegak dalam inovasi, atau tegak dalam cita-citanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan  atau library research. Adapun analisis isi atau content analysis digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memuat tentang konsep asas psikologis dalam pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung dan implikasi dari konsep asas psikologis dalam pendidikan agam Islam. Oleh karenanya, dalam proses pendidikan harus memperhatikan perkembangan jiwa, maupun pertumbuhan raga peserta didik dengan mengacu pada dasar, tujuan, kurikulum, materi, serta  evaluasi yang membawa fungsi manusia sebagai ‘abid dan khalifatullah yang dihiasi dengan amal saleh.

Kata Kunci: Asas Psikologis, Pendidikan Islam, Hasan Langgulung

 

References

Al Attas, Syed M. Nuquib. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, ter. Wan Mohammad Nor Wan Daud. Bandung: Mizan.

Arifi, Ahmad. (1999). Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Idiologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogjakarta: Teras.

Assegaf, Abd. Rachman. (2004). Membangun Format Pendidikan Islam di Era Globalisasi., dalam Imam Machali dan Musthofa (Ed.). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Cet.I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azra, Azyumardi. (2000). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.Cet.II. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bukhari, Imam. (1992). Shahih Bukhari, Kitabul Janaiz Bab Idza Aslama al-Shobiy Juz I. Beirut: Darul Kutubil Ilmiyah.

Daud, Wan Mohd. Nor Wan. (1998). The Educational Philosophy and Practice of Syed M.Naquib al-Attas, An Exposition of Original Concept of Islamization. Kuala Lumpur : ISTAC.

Furchan, Arief dan Maimun, Agus. (2005). Studi Tokoh, Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka .

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kurniawan, Syamsul dan Mahrus, Erwin. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogyakarta: ar-Ruzz Media.

Langgulung, Hasan. (1980). Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Maarif.

Langgulung, Hasan. (1985). Pendidikan dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Langgulung, Hasan. (1986). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Langgulung, Hasan. (1988). Asas- Asas Pendidikan Islam. Cet. ke-2. Jakarta: Al-Husna.

Langgulung, Hasan. (1991). Kreativitas dan Pendidikan Islam Analisis Psikologi dan Falsafah. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Langgulung, Hasan. (2002). Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Nata, Abuddin. (2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Bogor: Kencana.

Nata, Abuddin. (2008). Managemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Soejono, Abdurrahman. (1999). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapannya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surahmad, Winarno. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, Tehnik. Bandung: Tarsita.

Suyudi, M. (2005). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an integrasi Epistemologi Bayani, Irfani, dan Burhani.Yogjakarta: Mikraj.

Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Suminto, S. (2020). Asas Psikologis dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Hasan Langgulung. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 9–26. https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.4976

Issue

Section

Articles