MODEL KEHARMONISAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA TKI: STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK

Authors

  • Muttaqin Khabibullah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
  • Zumrotus Sholihah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.5120

Abstract

Abstract

This study aims to describe the harmonious model of the relationship between foster parents and children of migrant workers' families in educating them about Islam. This research is a qualitative research with a case study approach. Purposive sampling and snowball sampling techniques were used to determine the informants in this study. The data collection techniques use in depth interviews, participatory observation, and documentaries. While the data analysis technique used is the interactive analysis technique of the Miles & Huberman model. This study produces a picture that the harmonious model of the relationship between foster parents and children of migrant workers' families in Islamic religious care in the village of Sungonlegowo is shown by: first, Badrus and Kina's attention to the welfare of Taufiq and Tahmid, including the need for food and school. Second, Badrus and Kina are responsive to the needs of Taufiq and Tahmid, namely the need for Smartphones and Motorcycles. Third, Badrus and Kina took the time to do activities with Taufiq and Tahmid, from day to night for Kina, and from afternoon to night for Badrus. Fourth, Badrus and Kina showed enthusiasm for Taufiq and Tahmid's behavior by giving praise and reward. Fifth, Badrus and Kina are sensitive to the emotional needs of Taufiq and Tahmid, namely the love needs of parents.

 

Keywords: Harmony, Islamic Education, TKI Child.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model hubungan yang harmonis antara orang tua asuh dan anak-anak keluarga pekerja migran dalam mendidik mereka tentang Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel Purposive dan snowball sampling digunakan untuk menentukan informan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data digunakan dalam wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan film dokumenter. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif model Miles & Huberman. Penelitian ini menghasilkan gambaran bahwa model hubungan yang harmonis antara orang tua asuh dan anak-anak dari keluarga pekerja migran dalam perawatan agama Islam di desa Sungonlegowo ditunjukkan oleh: pertama, perhatian Badrus dan Kina terhadap kesejahteraan Taufiq dan Tahmid, termasuk kebutuhan akan makanan dan sekolah. Kedua, Badrus dan Kina responsif terhadap kebutuhan Taufiq dan Tahmid, yaitu kebutuhan untuk Ponsel Cerdas dan Sepeda Motor. Ketiga, Badrus dan Kina meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan dengan Taufiq dan Tahmid, dari siang ke malam untuk Kina, dan dari sore ke malam untuk Badrus. Keempat, Badrus dan Kina menunjukkan antusiasme terhadap perilaku Taufiq dan Tahmid dengan memberikan pujian dan hadiah. Kelima, Badrus dan Kina sensitif terhadap kebutuhan emosional Taufiq dan Tahmid, yaitu kebutuhan cinta orangtua.

Kata Kunci: Keharmonisan, Pendidikan Agama Islam, Anak TKI

References

Ayun, Wawancara tanggal 12 Oktober 2019

Aziz, Rini. (2004). Jangan Biarkan Anak Tumbuh dengan Kebiasaan Buruk. Solo: Tiga Serangkai.

Badrus dan Kina, Wawancara tanggal 12 Oktober 2019

Faqih, Wawancara tanggal 12 Oktober 2019

Koentjoroningrat. (1989). Antropologi Sosial. Jakarta: Aksara Baru

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga; Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta; Kencana Prenada Media.

Mahmud, Ali Abdul Halim. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tridonanto, Al. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo,

Kurniawan, Samsul dan Mahrus, Erwin. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Khabibullah, M., & Sholihah, Z. (2019). MODEL KEHARMONISAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA TKI: STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 50–67. https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.5120

Issue

Section

Articles