Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MI Amantubillah Kabupaten Sambas

Authors

  • Umi Nasikhah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.6743

Abstract

Abstract

The Qur'an hadith lesson has an important role as a learning goal in improving the quality of worship. Al-Qur'an as a guide in worship must be mastered correctly, ranging from how to read it in accordance with the correct rules, and understand and believe in the truth and practice contained therein. In relation to that the teacher of Al-Qur'an hadith attempts to improve the ability of reading the Qur'an through extracurricular.

Keywords: Master's Efforts, Improving, Reading Al-Qur'an

 

Abstrak

Pelajaran al-Qur’an Hadis memeiliki peran penting sebagai tujuan pembelajaran dalam meningkatkan ibadah yang berkualitas. Al-Qur’an sebagai pedoman dalam beribadah harus bisa dikuasai dengan benar, mulai dari cara membacanya sesuai dengan kaidah yang benar, serta memahami dan meyakini kebenarannya serta mengamalkan yang terkandung didalamnya.  Sehubungan dengan hal tersebut guru Al-Qur’an Hadis di Madrasah Amantubillah berupaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui program ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan, Membaca Al-Qur’an

References

Abdul Aziz Abdul Ra’uf Al Hafidz, Lc, (1997). Pedoman Dauroh Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid, Depok: Pustaka Harum.

Abu Aufa. (2007). Ringkasan Ilmu Al-Qur’an. http://id.wordpress.com/

As’ad Humam. 1991. Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan TKA-TPA, Yogyakarta: Balai Litbang, LPTQ Nasional.

Ahmad Soenarto, (1988). Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap, Jakarta: Bintang Terang

Ahmad Syadali dan Ahmad Rofi’i, (2006). Ulumul Qur’an 1 untuk Fakultas Tarbiyah, Bandung: Pustaka setia

Ali, A. Nawawi. (2002). Pedoman Membaca Alquran (Ilmu Tajwid). Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Arikunto, Suharsimi (1986), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bina Aksara

Assyafi’i, Abdullah. (1992). Pelajaran Tajwid Lengkap dan Praktis.

Bandung: H usaini Bandung.

Bungin, Burhan (2001), Metodologi Penelitian Kualitatif (Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Vrian Kontemporer), Jakarta: PT. Raja Grafindo

Hadari Nawawi, (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hafidz. (2004). Membangun Kepribadian Qur’ani. Tarbiyah Syakhsiyah Qur’aniyah. Jakarta: PT Global Medi

Marjito, Imam. Pedoman metode praktis pengajaran Ilmu baca Al-Qur’an. Semarang. tt.

Pupuh Fathurrahman. 2009. 2009. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Refika Aditama).

Purwanto, (2009). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pawit M. Yusuf. (2007). Mengukur Prilaku Membaca Berdasarkan Perspektif Sosiobudaya. pawitmy@bdg.centrin.net.id

Ramayulis. (2005). Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rasyid, Harun, (2000). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial Dan Agama, Pontianak: Kopma STAIN

Sujana, Nana (1999), Tuntunan Penulisan Karya Ilmiah, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertase, Bandung : Sinar Baru Agesindo

Syahminan Zaini, (1996). Isi Pokok Ajaran Al-Qur’an, Jakarta Pusat: Kalam Mulia.

Tim Departemen Agama Islam RI. (2003). Alquran dan Terjemahan. Bandung: Diponegoro.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, 1994. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtar Baru.

Moh. Wahyudi, 2008. Ilmu Tajwid Plus. Surabaya: Halim Jaya.

Liexs. (2007) .Al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan 1. http://www.wpdesigner.com

httpWahdah.or.id. Komari.A. Metode Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group).

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketiga, (Jakarta: Balai Pustaka).

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Nasikhah, U. (2020). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MI Amantubillah Kabupaten Sambas. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.6743

Issue

Section

Articles