Identifikasi Karakteristik Sosiodemografi terhadap Pola Sikap Masyarakat Kota Malang tentang Swamedikasi Urtikaria

Yohanita Nilam Sari, Dewi Martha Indria, Erna Sulistyowati

Abstract


Pendahuluan: Persentase penduduk Indonesia yang melakukan swamedikasi tergolong tinggi. Swamedikasi yang salah dan pengetahuan yang kurang tentang penyakit yang diderita dikhawatirkan menimbulkan masalah baru. Faktor sosiodemografi dan sosiokognitif secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku swamedikasi. Belum ada penelitian tentang swamedikasi urtikaria di Kota Malang. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosiodemografi terhadap sikap swamedikasi masyarakat Kota Malang.

Metode: Penelitian dengan desain deskriptif analitik cross sectional dengan kuesioner yang sudah divalidasi menggunakan uji Pearson’s. Responden penelitian merupakan masyarakat Kota Malang sebanyak 251 responden yang terdiri dari kelompok kontrol (n=97) dan kelompok uji (n=154). Responden kelompok kontrol merupakan masyarakat yang tidak pernah mengalami urtikaria, sedangkan responden kelompok uji merupakan masyarakat yang pernah atau sedang mengalami urtikaria. Analisa data menggunakan Mann Whitney dan Rank Spearman dengan hasil signifikan bila p<0,05.

Hasil: Kelompok kontrol didapatkan sebanyak 97 responden dan kelompok uji didapatkan 154 responden. Responden penelitian terbanyak memiliki usia 51-55 tahun dengan jenis kelamin didominasi oleh perempuan. Pendidikan responden terbanyak adalah lulusan perguruan tinggi. Sebagian besar responden memiliki pekerjaan dengan pendapatan lebih dari 4 juta rupiah. Pada kelompok kontrol yang dibandingkan dengan kelompok uji tidak didapatkan perbedaan kecuali pada karakteristik pendidikan (p 0,001 dan r 0,257), pada karakteristik lainnya tidak didapatkan hasil yang signifikan.

Kesimpulan: Karakteristik sosiodemografi pendidikan berpengaruh terhadap sikap swamedikasi urtikaria masyarakat Kota Malang.

Kata Kunci: Pendidikan, Sosiodemografi, Sikap, Swamedikasi, Urtikaria

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.