UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK A DI TA SUNAN KALIJOGO PISANG CANDI BARAT KOTA MALANG

Adetya Dwi Selasih, Mohammad Afifulloh, Ika Anggraheni

Abstract


Karakter merupakan sebuah pola, baik itu pikiran, perasaan, sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang. Pada penelitian yang ditemukan di TA Sunan Kalijogo Pisang Candi Barat Kota Malang perkembangan kemampuan karakter anak yang muncul sesuai dengan usianya dan dapat dilihat dari perilaku selama disekolah menunjukkan adanya sikap kemandirian, disiplin, dan memiliki kerjasama yang baik dengan teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis berbagai metode efektif yang diterapkan, upaya guru menerapkan metode efektif dalam membentuk karakter disiplin anak, dan apa factor penghambat dan pendukungnya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, metode efektif yang diterapkan yakni metode kebiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara teratur dan berulang-ulang, metodeketeladananmerupakancara yang dilakukan guru agar anak mampu menirunya, metode Tanya jawab merupakan metode yang diterapkan agar anak mampu berfikir logis dan mengintropeksi dirinya, dan metode pemberian nasihat merupakan cara guru untuk mengarahkan perilaku anak yang menyimpang.

Upaya yang dilakukan guru menerapkan metode efektif dalam membentuk karakter disiplin anak yaitu hadir tepat waktu, berbaris rapi sebelum masuk kelas, berpakaian rapi, berdoa sebelum dan sesudah belajar, merapikan mainan setelah digunakan, makanbersama, dan membuang sampah pada tempatnya. Faktor-faktor yang mendukung yaitu: faktor tenaga pendidik, sarana prasarana dan peraturan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor perbedaan karakter anak dan bahasa. Berdasarkanupaya guru menerapkan metode efektif dalam membentuk karakter disiplin anak hasil penelitian menunjukkan perilaku disiplin anak yang sudah berkembang dengan baik. Anak menunjukkan perilaku disiplin dalam kegiatan sehari-hari disekolah. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu diharapkan guru tetap konsisten menerapkan metode efektif dalam membentuk karakter disiplin anak


Full Text:

PDF

References


Anggraheni, Ika. (2019). Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreatifitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php.thufuli/article/view2778.

Azzet, Ahmad Muhaimin. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Dewi Sari, Mutiara. (2019). Profil Perkembangan Sosial Anak Kelompok B Dalam Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view2778.

Suryabrata, Sumadi. (1985). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali Jakarta. Cet II


Refbacks

  • There are currently no refbacks.