STUDY LITERATUR PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Elisa Chalimatus Sa'diyah, Fitria Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode Outdoor learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Reviews (SLR) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari data-data berbagai jurnal yang relevan. Data-data yang sudah diperoleh, di analisis dan dikaji secara mendalam, sistematis dan kritis yang kemudian diuraikan secara naratif. Berdasarkan Analisis data menunjukkan pada siklus I  ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 34,38 % dari 53,12 % menjadi 87,50%. Rata-rata presentase dari tiap siklus meningkat sebanyak 33,34 %, Pada siklus I rata-rata 55,20% dan siklus II rata-rata 88,54%. Dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA terdapat 3 langkah yang harus dilakukan yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah tindak lanjut. Berdasarkan langkah –langkah penerapan metode Outdoor learning dapat di simpulkan bahwa metode Outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v3i2.10905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ElementerIs: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by:

                           

 

Creative Commons License

Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam by Universitas Islam Malang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/index.