STUDY LITERATUR PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i2.10905Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode Outdoor learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Reviews (SLR) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari data-data berbagai jurnal yang relevan. Data-data yang sudah diperoleh, di analisis dan dikaji secara mendalam, sistematis dan kritis yang kemudian diuraikan secara naratif. Berdasarkan Analisis data menunjukkan pada siklus I ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 34,38 % dari 53,12 % menjadi 87,50%. Rata-rata presentase dari tiap siklus meningkat sebanyak 33,34 %, Pada siklus I rata-rata 55,20% dan siklus II rata-rata 88,54%. Dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA terdapat 3 langkah yang harus dilakukan yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah tindak lanjut. Berdasarkan langkah –langkah penerapan metode Outdoor learning dapat di simpulkan bahwa metode Outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Downloads
Published
Issue
Section
License
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam by Universitas Islam Malang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/index.