HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA NYATA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Rendy Nugraha Frasandy, Silviya Anggaraini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran nyata oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari kebanyakan pendidik yang  melakukan pembelajaran di kelas, hanya menggunakan media seadanya saja dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, seperti papan tulis dan spidol serta gambar pada buku-buku yang tersedia,  sehingga pembelajaran pun terjadi satu arah dan tidak terkesan menarik dan merangsang daya berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan bantuan media nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  korelasional, dengan populasi penelitian yaitu kelas III  MIN 1 Kota Pariaman yang terdiri dari kelas III A dan III B, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media nyata dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III MIN 1 Kota Pariaman. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (0,745 > 0,339), nilai ttabel nya melihat pada nilai koefisien korelasi product moment  taraf 5%. Dimana nilai korelasi sebesar 0,745 berada pada interprestasi sedang.

Kata Kunci : Media Nyata, Kemampuan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bahri Djamarah, Syaiful, Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Abdul Halim. 2017. Metodologi Penelitian Kependidikan untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Hakim Publishing.

Heriyanto, Singgih. 2014. Hubungan Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SD Negeri Gugus Kalopaking, Jurnal Unsiyah, Vol. 05 Juli 2014. PGSD 2014

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v3i2.11026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ElementerIs: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by:

                           

 

Creative Commons License

Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam by Universitas Islam Malang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/index.