PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Authors

  • Himmatul Fauziyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Hamdan Husein Batubara Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33474/elementeris.v4i1.11288

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk mendukung pembelajaran IPA SD dimasa pandemi. Peneliti menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk siswa SD kelas IV. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi dari segi materi, desain, dan estetika. Skor ahli materi dan media masing-masing menunjukkan kategori yang baik. Selain itu, siswa sekolah dasar yang menjadi responden memberikan tanggapan positif mengenai daya tarik media pembelajaran yang telah dikembangkan. Kemampuan untuk menyajikan konten melalui teks, gambar, hyperlink, video, dan animasi merupakan keunggulan dari penggunaan Storyline untuk membuat materi pembelajaran interaktif untuk android. Media pembelajaran interaktif berbasis android juga menyediakan kuis interaktif dengan umpan balik yang cepat. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android didalam proses pembelajaran juga memiliki kelemahan dari aspek kebutuhannya terhadap smartphone, dan prosedur produksinya membutuhkan software desain grafis dan video editing. Oleh karena itu, guru disarankan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi digital dan strategi yang berpusat pada siswa.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Pembelajaran IPA

 

Abstract

This study aims to develop interactive multimedia as a science learning medium in the midst of the covid-19 pandemic for grade 4 Madrasah Ibtidaiyah material for plant parts and their functions, as well as to determine the feasibility of the product from the material aspect, appearance aspect and attractiveness aspect for science learning at Madrasah Ibtidaiyah. The subjects of this study were Elementary School teachers and Madrasah Ibtidaiyah teachers as well as 4th grade MI/SD students. The method used is the R&D (Research and Development) method using the ADDIE development model. To determine the feasibility of this multimedia, the researchers involved material experts and media experts, as well as 3 students for the attractiveness criteria by providing a Likert scale questionnaire. And the results showed that the average percentage figure was 80.65% so that the media was categorized as Good for product eligibility criteria and the results of the responses of 3 students after using interactive media based on articulate storylines reached a percentage figure of 94%, including the Very good category from the attractiveness aspect. . So that this media is good and feasible if it is used to support learning in the network and learning outside the network.

Keywords: Learning Media, Interactive Multimedia, Articulate Storyline, Science Learning

Author Biographies

Himmatul Fauziyah, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Hamdan Husein Batubara, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

As-Tsauri, M. S., Arifin, B. S., & Tarsono, T. (2021). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 14. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10818

Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Nilacakra.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (N. A. N. (ed.); 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Farizal, M. (2021). Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Sendangsari Pajangan Bantul. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 36. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10715

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., Keller, J. M., & Russell, J. D. (2005). Principles of instructional design. Wiley Online Library.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85.

Husniyah, F. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Di Kota Malang. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 14. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8684

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 25–36.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran Sebuah Pembelajaran Baru. Ciputat: Gaung Persada.

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253.

Setiono, P., Handayani, E., & Selvia, S. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 402–407.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Siswantoro, E., & Suwito, A. (2021). Development of Pised Media Based on Realistic Mathematics Education in Elementary School. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 55. https://doi.org/10.33474/elementeris. v3i2.11151

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Erlangga.

Susilowati, S., Hidayati, D., Jannah, F. B. F., & Rahayu, A. P. (2022). Pembelajaran Interaktif Melalui Model Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2747–2753.

Downloads

Published

2022-05-31