ANALISIS PENGARUH PROMOSI, BRAND TRUST DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN DEALER HONDA SINAR BARU PAMEKASAN)

Siti Kamariah, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi dan brand image memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen dealer Honda Sinar Baru Pamekasan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung untuk variabel promosi diperoleh sebesar 2,402 dengan taraf sig 0,018 (lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05) dan hasil thitung untuk variabel brand image diperoleh sebesar 3,611 dengan taraf sig 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05). Variabel brand trust dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan thitung untuk variabel brand trust diperoleh sebesar 1,374 dengan taraf sig 0,173 (tidak lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05). Sedangkan hasil penelitian variabel promosi, brand trust dan brand image secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Fhitung sebesar 25,951 dan nilai Ftabel adalah 2,70, sehingga nilai Fhitung > Ftabel atau 25,951 > 2,70 dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 maka model regresi sudah tepat.

 


Kata Kunci


Promosi, Brand Trust, Brand Image, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda, SPSS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriana, N. C., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198-208.

Ali, I., Irdiana, S., & Irwanto, J. (2019, July). Dampak Brand Image, Brand Equity dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus. In Proceedings Progress Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 406-413).

Arin Anjani. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyality Lipstik Reflon. (Stusi kasus pada kosnumen lipstick reflon di yogyakarta). Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.

Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37-44.

Elisabeth, D. A. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Telkom Speedy di Kota Semarang.

Giri, I. G. W. D., & Jatra, I. M. (2014). Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 3(11).

Gunawan, A. A., & YOESTINI, Y. (2011). Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Obat Batuk Vicks Formula 44 di Swalayan Ada di Semarang (Studi Pada Swalayan ADA Siliwangi) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Hasanah, I’anatul, (2019). Pengaruh Service Performance terhadap Loyalitas Nasabah dengan Trust sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Nasabah Koperasi Iqtishod Unisma). Skripsi Sarjana. Universitas Islam Malang.

Mamahit, P. (2015). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris pada PT. Hasjrat Abadi Manado. EFISIENSI, 15(5).

Muhammad Rizan, dkk. (2012). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyality Botol Sosro. (Vol. 3. No. 1).

Mitha Fadilla Noor. (2014). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Thai Tea Bandung. (Vol. 3. No. 2).

Nugroho, P. A. (2016). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Asus pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purworejo (Doctoral dissertation, Manajemen-Fakultas Ekonomi).

Prabowo, A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Brand Loyality pada Air Meneral Aqua.

Siti Lam’ah Nasution. (2019). Pengaruh Citra Peusahaan, Pelayanan, dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Master Cash dan Credit Kota Pinang. (Vol. 6. No. 1)

Surrachman, S. A. (2008). Dasar-dasar Manajemen Merek; Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Malang: Bayu Media Publishing.

Surya Sanjaya (2015). Pengaruh Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 8(1).

Zainuddin, Didin (2011). Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Brand Image Motor Matic Honda terhadap Keputusan Pembelian serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan; Studi Kasus Pengguna Sepeda Motor Matic Honda Di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.