ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM UPAYA MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN (STUDI PADA SARINANDE KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN)

dewi - novitasari

Abstract


Strategi pengembangan produk merupakan kegiatan yang selalu ada dalam setiap perusahaan
demi memajukan usaha yang sudah di produksi dan memajukan perusahaan yang lebih baik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pada Sarinande dalam upaya memenuhi
permintaan konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
teknik pengumpulan data yang dimana menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
untuk menganalisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian
diketahui bahwa ada 3 strategi pengembangan yang dilakukan oleh Sarinande yaitu: (1) Strategi
peningkatan kualitas untuk meningkatkan daya tahan produk dan pengawetan yang menggunakan
penyimpanan pada freezer box. (2) Strategi peningkatan keistimewaan untuk menambah keistimewaan
produk baik dalam bentuk rasa dan kemasan yang berbeda mulai dari kemasan plastik kecil hingga botol
yang besar. Sarinande ini menggunakan kedelai pilihan dan sumber air pegunungan. (3) Strategi
peningkatan daya untuk daya tarik konsumen dengan adanya varian rasa yang ada pada susu kedelai.
Pemasaran yang dilakukan Sarinande ini dilakukan berbagai tempat yaitu ke sekolah, toko, hotel dan warga
sekitar. Permintaan konsumen di Sarinande selalu ditanggapi dengan baik dan melakukan sesuai
permintaan konsumen apabila permintaan konsumen merupakan ide yang positif untuk ke depannya.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan Produk dalam Memenuhi Permintaan Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter

Hubungi Kami:
TIM JIAGABI
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Islam Malang
Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Telephone: 0341 – 551932, 551822, Fax.: 0341 – 552249
Email: jiagabi_unisma@yahoo.com