PERANAN MOTIVASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA BANDUNG SUPER MODEL MALANG)

Ekawati Ningtyas Putri, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Abstract


Hasil penelitian diketahui bahwa ada 5 peran motivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu: Peluang untuk perkembangan dan pertumbuhan dalam bekerja bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan kualitas pelayanan karyawan, meninngkatkan kreatifitas dalam bekerja karyawan, meningkatkan potensi-potensi karyawan dalam bekerja. Norma-norma pengukuran kecakapan kerja dan hasil kerja yang baik bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pengukuran kecakapan dan hasil kerja yang baik jika aktif dalam bekerja, mampu melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan oleh pimpinan.Informasi sebagai umpan balik untuk memperbaiki dan meningkatkan kegiatannya dalam bekerja bertujuan untuk memberikan informasi kepada karyawan yang telah melakukan kesalahan agar dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan, meningkatkan kualitas pekerjaan karyawan. Peluang untuk ikut dalam proses putusan dapat meningkatkan motivasi kerja bertujuan untuk memberikan peluang kepada karyawan kebebasan, kebebasan dalam arti tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kemantapan peran bertujuan untuk mengefektifkan kerja karyawan, mengerti dan faham akan tugas-tugas yang harus dilakukan, memberikan tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan, meningkatkan ide-ide yang baik dalam bekerja.

Keywords


Peranan Motivasi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto , Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.

Bustommi T , Achmad. 2014. “Peranan Motivasi Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan’’. Malang: Universitas Islam Malang, Fakultas Ekonomi.

Febriyanto, Hafid Yoga .2013. “Pengaruh Kepemimpinan Demokratis, Budaya Organisasi, Motivasi dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan’’. Malang: Universitas Islam Malang, Fakultas Ekonomi.

Et al, Franco dalam buku Harsuko Riniwati. 2016, “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Malang: Ub Press.

Hasibuan, Malayu. 1996. “Organisasi dan Motivasi”. Jakarta: Bumi Aksara.

Herzberg’s dalam buku Malayu Hasibuan. 1996. “ Organisasi dan Motivasi”. Jakarta: Bumi Aksara.

Hersey dan Blanchard dalam buku Lijan Poltak Sinambela. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko dalam buku Moh. Prabunda Tika. 2010. “Budaya Organisasi dan peningkatan Kinerja Perusahaan”. Jakarta: Bumi Aksara

Herdiansyah , Haris. 2012. “Metodologi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial”. Jakarta: Penerbit Salemba.

John M. Ivancevich, Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2006. ”Perilaku dan Manajemen Organisasi”. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Fathoni. 2017. ‘’Peran Motivasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Pegawai”. Malang: Universitas Islam Malang, Fakultas Ilmu Administrasi Negara.

Maslow, Abraham H. dalam buku Sedarmayanti. 2017. “Perencanaan Dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, dan produktivitas kerja”. Bandung: PT.Refika Aditama.

Mondy , R.Wayne. 2008. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Henry. 1997. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: STIE YKPN.

Rivai, Veithzal. 2003. “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan”. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2017. “Perencanaan Dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, dan produktivitas kerja”. Bandung: PT.Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian”. Bandung: Alfabeta

Terry, George R.. 1986. “ Prinsip- prinsip manajemen”. Jakarta: Bumi Arkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter

Hubungi Kami:
TIM JIAGABI
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Islam Malang
Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Telephone: 0341 – 551932, 551822, Fax.: 0341 – 552249
Email: jiagabi_unisma@yahoo.com