Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Perusahaan (Studi Pada Warung Serba Ada (Waserda) Koperasi Unit Desa Pakis)

Yuli Maulita Sari, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan dalam Waserda Koperasi Unit Desa Pakis, dengan cara mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada waserda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threats). Hasil penelitian ini adalah Waserda Koperasi Unit Desa Pakis memiliki lebih banyak kekuatan dan peluang daripada ancaman dan kelemahannya. Waserda Koperasi Unit Desa Pakis dalam diagram SWOT berada posisi sel 1, dimana dalam sel satu disebut force growth atau tumbuh dengan cepat. Strategi yang bisa dirumuskan dalam Waserda Koperasi Unit Desa Pakis adalah Strategi SO (Strenght-Opportunity), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strenght-Threats), WT (Weakness- Threats).


Kata Kunci


SWOT, Strategi, KUD

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, Thomas. 2014. Sinergi Sukses Pengusaha Dan Bankir [Internet]. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 20 Februari 2019]

Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis [Internet]. Yogyakarta : Kanisius. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Budi, Ichsan Setiyo. 2005. Strategic manajemen edisi 10. Jakarta, Salemba Empat.

Deliarnov. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi [Internet]. Erlangga. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Hamdi, Asep Saipul dan Bahruddin E. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan [Internet]. Yogyakarta, Deepublish. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Primyastanto, Mimit. 2016. Evaluasi Proyek. Malang, UB Press.

Pearce dan Robinson. 2014. Manajemen Strategi edisi 12 buku 1. Jakarta, Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Sattar, 2017. Ekonomi Koperasi [Internet]. Yogyakarta, Deepublish. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Bateman, Thomas S dan Snell, Scott A. Manajemen kepemimpinan dan kolaorasi dalam dunia yang kompetitif [Internet]. Jakarta, Salemba Empat. Tersedia di : https://books.google.co.id [diakses pada tanggal 28 Juni 2019]

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta, Erlangga.

Sofyan, Iban. 2015. Manajemen Strategi. Jogjkarta, Graha Ilmu.

Sugiyono. 2004. Metode penelitian Bisnin. Bandung, Alfabeta.

Sugiarto, 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Penerbit Andi

Umar, Husein. 2005. Strategic Management In Action. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. 2003. Bussines An Introduction [Internet]. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. Tersedia di : https://books.google.co.id. [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Zulfikar dan Budiantara, I Nyoman. 2014. Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistik [Internet]. Yogyakart, Deepublish. Tersedia di : https://books.google.co.id. [diakses pada tanggal 20 Mei 2019]

Jurnal :

Hidayat, Rahmat dan Ricky Rahmat. 2018. Analisis SWOT Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan (studi kasus pada CV Star Pratama Kota Batam). Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi Politeknik Negeri Batam.

Julita, Sheila. 2016. Analisis Strategi Bersaing (studi kasus pada PT Sentral Motor Indonesia). Skripsi Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra.

Rokhaenisza, Putri Adella dan Putu Nina Madiawati. 2018. Penggunaan Analisis SWOT Dala Menentukan Strategi Bersaing (Studi Kasus Dalam Usaha Angkutan Barang CV Putera Sarana Utama). Skripsi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.

Rahmawati, Dian. 2007. Analisis SWOT Dalam Rangka Menentukan Strategi Perusahaan (Studi pada Rumah Sakit PARU-PARU Kota Batu). Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang.

https://blog.kredivo.com/dolar-as-tembus-rp-15-penyebab-dampak-dan-cara-menyikapinya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.