PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP MOTIF PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN JAMU SAPI KAB. SAMPANG)

Yasir Maulana, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, saluran distribusi dan promosi terhadap motif pembelian konsumen. Sampel dalam penelitian ini 50 konsumen dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda. Kualitas Produksi sebesar 1,611, yang artinya t hitung < tabel (1,611<2,010) nilai sig 0,114 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas kualitas produk secara parsial atau sendiri tidak berpengaruh terhadap variabel terikat Motif pembelian konsumen. Saluran distribusi adalah -0,072 yang artinya t hitung < t tabel (-0,482 <2,010) dan nilai sig 0,632 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas Saluran distribusi secara parsial atau sendiri tidak berpengaruh terhadap variabel terikat Motif pembelian konsumen. Promosi adalah -1,185, yang artinya t hitung < t tabel (-1,185 <2,010) dan nilai sig 0,242 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa variabel bebas Promosi secara parsial atau sendiri tidak berpengaruh terhadap variabel terikat Motif pembelian konsumen.


Keywords


Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Promosi dan Motif Pembelian Konsumen

Full Text:

PDF

References


Darmawan (2013:37) metode penelitian kuantitatif. Bandung, Rosda

Cummins dan Mullin (2004)sales promotion. Jakarta, penerbit PPM

Ginting (2011} manajemen pemasaran. Bandunng, Yrama widia

Ghozali (2013) Aplikasi analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi 7. Semarang, Universitas diponegoro

Kidder (1981) dalam Darmawan (2013)metode penelitian kuantitatif. Bandung, Rosda

Keegan.(2003) Manajemen Pemasaran Global. Edisi Keenam. Jakarta, Gramedia.

Kotler, Armstrong. (2006) Prinsip-Prinsip Pemasaran.Edisi 12 jilid 1. Jakarta, Erlangga.

Kotler dan Amstrong (2008) prinsip marketing. Edisi 12 jakarta, Erlangga

Kotler (2006)marketing management. Edisi 12. Jakarta, Erlangga

Marwan (1986:174) marketing. Yogyakarta, AMP YKPN

Neuman (2015) Metodelogi Penelitian sosial pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Edisi 7. Jakarta, Indeks jakarta

Perreault, McCarthy. (1995) Intisari Pemasaran Sebuah Ancaman Manajerial Global. Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta, Binarupa Aksara.

Perreault, McCarthy. (1995) Intisari Pemasaran Sebuah Ancaman Manajerial Global. Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta, Binarupa Aksara.

Priansa (2017:122) komunikasi pemnasaran terpadu. Bandung, Pustaka setia

Priansa (2017:163) perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung, Alfabeta

Suprapti (2010:57) pemahaman dasar dan aplikasi dalam strategi pemasaran. Bali, Udayana University Press

Sugiyono (2014) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta

Sugiyono (2001) Metode penelitian. Bandung, CV Alfa Beta

Sugiarto (2017:205) metodelogi penelitian bisnis.Yogyakarta, Penerbit Andi

Santoso (2007) Statistik deskriptif: konsep dan aplikasi Microsoft Exel dan SPSS. Yogyakarta, Andi

Jurnal

Imam Heryanto (2015) Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasi Pada Kepuasan Pelanggan. STIE Pasundan Bandung.

Hendra Noky Andrianto (2013) Pengaruh Kualitas produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MVP Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang

Rosa Rachmaningrum (2011) Analisis Pengaruh Produk, Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Fakultas Ekonomi, Semarang

Shaleh (2016) Analisis pengaruh kualitas produk dan brand awarenes terhadap keputusan pembelian produk batik natural indigo dyed. Universitas Diponegoro, Semarang

Arlina (2004) perantara saluran distribusi dalam pemasaran produk dan jasa. Universitas sumatra utara

Arianti (2015) Hubungan antara promosi penjualan Shu-Shu Milkshake dengan motif pembelian ulang konsumen. Universitas jendran soedirman, Purwokerto


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter

Hubungi Kami:
TIM JIAGABI
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Islam Malang
Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Telephone: 0341 – 551932, 551822, Fax.: 0341 – 552249
Email: jiagabi_unisma@yahoo.com